Sabtu, 29 Maret 2014

dalil dalil tradisi NU



1. TAWASUL
Istilah tawasul  menurut al Hafidh al Abdari
طلب حصول منفعة او اندفاع مضرة من الله بذكر اسم نبى او ولى اكراما للمتوسل به ( ألشرح القويم ص – 378 )
“Memohon datangnya manfaat atau menolak bahaya kepada Allah dengan menyebut nama seorang Nabi atau wali untuk memulyakan keduanya”
( al Hafidh Al Abdari – syarhul qowim hal 378 )
·         Dalil Al Qur’an
$ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# (#þqäótGö/$#ur Ïmøs9Î) s's#Åuqø9$# (#rßÎg»y_ur Îû ¾Ï&Î#Î6y öNà6¯=yès9 šcqßsÎ=øÿè? ÇÌÎÈ
35.  Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.(. Al-Ma’idah : 35 )

Ÿwur (#qä9qà)s? `yJÏ9 ã@tFø)ムÎû È@Î6y «!$# 7NºuqøBr& 4 ö@t/ Öä!$uômr& `Å3»s9ur žw šcrããèô±n@ ÇÊÎÍÈ  
154. Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu ) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup[100], tetapi kamu tidak menyadarinya.

[100] Yaitu hidup dalam alam yang lain yang bukan alam kita ini, di mana mereka mendapat kenikmatan-kenikmatan di sisi Allah, dan hanya Allah sajalah yang mengetahui bagaimana Keadaan hidup itu.

È@è%ur (#qè=yJôã$# uŽz|¡sù ª!$# ö/ä3n=uHxå ¼ã&è!qßuur tbqãZÏB÷sßJø9$#ur ( šcrŠuŽäIyur 4n<Î) ÉOÎ=»tã É=øtóø9$# Íoy»pk¤9$#ur /ä3ã¥Îm7t^ãsù $yJÎ/ ÷LäêZä. tbqè=yJ÷ès? ÇÊÉÎÈ  
105. Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

Ÿwur ¨ûtù|¡øtrB tûïÏ%©!$# (#qè=ÏFè% Îû È@Î6y «!$# $O?ºuqøBr& 4 ö@t/ íä!$uŠômr& yYÏã óOÎgÎn/u tbqè%yöãƒ ÇÊÏÒÈ  
169. Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup[248] disisi Tuhannya dengan mendapat rezki.

[248] Yaitu hidup dalam alam yang lain yang bukan alam kita ini, di mana mereka mendapat kenikmatan-kenikmatan di sisi Allah, dan hanya Allah sajalah yang mengetahui bagaimana Keadaan hidup itu.

·         Dalil Al Hadits
HR Bukhari
عَن انس رضى الله عنه ان عمر ابن خطاب رضى الله عنه كاَن اذا قَحَطُوْا اِسْتَسْقى بالعباس بن عبد المطلب فقال اللهم كنا نَتَوَسَّلُ اليك بِنَبيّنا فَتَسْقِيْنا وانا نَتَوَسّل اليك بعم نبينا فاسْقِنَا فَيُسْقَوْن
Dari Anas bin Malik r.a beliau berkata : “ Apabila terjadi kemarau, sahabat Umar bin  al-Khaththab r.a bertawasul dengan Abbas bin Abdul Muthalib, kemudian berdo’a ,” Ya Allah, kami pernah berdo’a dan bertawasul kepada-Mu dengan Nabi SAW, maka Engkau turunkan hujan, sekarang kami bertawasul dengan paman Nabi SAW maka turunkanlah hujan”, Anas berkata: “ maka turunlah hujan kepada kami  ( Shohih Bukhari – 954 )
2 HR Baihaqi
عن انس ابن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم االانبياء احياء فى قبورهم يُصَلون – رواه البيهقى
Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda “ para Nabi itu hidup dialam kubur mereka dan mereka melaksanakan shalat ( hadits riwayat baihaqi – A baihaqi Dar- al Kutub al Ma’arif hal 3 )
3. Hadits Abu Sa’id al- Khudri r.a diriwayatkan oleh imam Ahmad indek no 10729, Ibn Majah – 770

2. SELAMETAN 3,7,40,100 HARI UNTUK ORANG MENINGGAL
·         Hadits riwayat Imam Turmudzi
عن ابن عباس اَن رجلا قال يا رسول الله ان امى توفيت افينفعها ان تصدقت عنها ؟ قال نعم قال فان لى مخرفا فاشهدك انى قد تصدقت به عنها* رواه الترمذى
“Dari Ibnu Abbas sesungguhnya ada seorang lelaki bertanya kepada Rasul, wahai Rasulullah sesungguhnya ibuku sudah meninggal dunia, apakah ada manfaatnya jika aku bershadaqoh untuknya ? Beliau menjawab,” Iya’ lalu lelaki tersebut berkata “ aku memiliki sebidang tanah, maka aku persaksikan kepadamu bahwa aku akan mensedekahkan kebun tersebut atas nama ibuku. ( HR Turmudzi – indek 605 )
·         Hadits riwayat Imam Muslim dari Abi Dzarr ( shohih Muslim indek No : 1674 )
·         Hadits riwayat Imam Ahmad dari Amr bin Abasah ( Musnad Imam Ahmad indek no : 18678 )

3. ZIARAH KUBUR
·         Hadits riwayat Turmudzi
عن بريدة قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قد كنت نهيتكم عن زيارة القبور فقد اذن لمحمد فى زيارة قبر امه فزورها فانها تذكر الاخرة
“Dari Buraidah ia berkata ,” Rasulullah SAW bersabda, dahulu saya pernah malarang kamu berziarah kubur, tetapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya, maka sekarang berziarahlah ! karena berziarah itu dapat mengingatkanmu pada akhirat ( Sunan At-tirmidzi indek no : 974 )
·         HR Muslim
كان صلى الله عليه وسلم يَزُوْر قبوُرَ شُهَداء اُحُدٍ وقبور اهل البقيع وَسَلّم عليهم ويدعوا لهم بما تقدم
Rasulullah SAW berziarah ke makam para Syuhada’ dalam perang uhud dan makam keluarga baqi’ dia mengucapkan salam dan mendo’akan mereka atas amal amal yang telah mereka kerjakan
Hadits riwayat Imam Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah ( Shohih Juz I hal 389 )
·         Kitab Ihya ulumiddin Juz IV hal 521
·         Kitab I’anah al thalibin Juz II hal 142
·         Fatawi Kubro juz II hal 24

4. SHOLAT TARAWIH 20 RAKAAT
·         Hadit riwayat Turmudzi
عن خذيفة رضى الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اقتدوا بالذين من بعدى ابى بكر وعمر ( رواه الترمذى )
“ Dari Hudzaifah r.a beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda ,” Ikutilah kedua orang setelah aku yaitu Abu Bakar dan Umar ( HR Turmudzi )
·         Hadits riwayat Imam Malik dalam kitab al- Muwatho’-233
” dari Yazid bin Ruman ia berkata “orang orang ( kaum muslimin ) pada masa Umar melakukan shalat malam di bulan Ramadlan 23 Raka’at ( 20 raka’at tarawih dan 3 witir )
·         Hadits riwayat al-Bukhari no : 1079 - dari Dewi Fatimah yang mengatakan “ Rasulullah tidak pernah menambah shalat malam pada bulan ramadlan atau bulan lain melebihi 11 raka’at,” para Ulama’ seperti Ibnu Hajar al- Haitami menyatakan bahwa hadits tersebut adalah dalilnya sholat witir, bukan dalilnya shalat tarawih ( Tuhfatul Muhtaj juz II hal 229 )
·         Hadits riwayat Bukhari indek : 1871,”
عن عبد الله ابن عبد القارى قال" خرجت مع عمر بن خطاب ليلة فى رمضان الى المسجد فاذا الناس اوزاع متفرقون يصلى الرجل لنفسه فيصلى بصلاته الرهط فقال عمر انى ارى لو جمعت هؤلاء على قارئ واحد لكان امثل ثم عزم فنجمعهم على ابى ابن كعب ثم خرجت معه ليلة اخرى والناس يصلون بصلاه قارئهم قال عمر نعمة البدعة هذه والتى ناموا عنها افضل من التى يقومون يريد اخر الليل وكان الناس يقومون اوله – ( رواه البخارى ومالك )

dari Abdurrahman bin Abd al Qari, beliau berkata,” saya keluar bersama sayyidina Umar ke masjid pada bulan Ramadlan ( dalam masjid ) orang orang shalat tarawih sendiri sendiri, ada yang shalat sendiri dan ada yang shalat berjama’ah, lalu Sayyidina Umar berkata.” Saya punya pendapat andaikata mereka aku kumpulkan dalam jama’ah dengan satu imam, niscaya itu lebih bagus, lalu beliau mengumpulkan mereka dengan seorang imam, yakni sahabat Ubay bin Ka’ab, kemudian satu malam berikutnya kami datang lagi ke masjid, orang orang sudah melaksanakan shalat tarawih dengan berjama’ah dibelakang satu imam,” Umar berkata,” sebaik baik bid’ah adalah ini ( shalat tarawih dengan berjama’ah )

عن ابن عباس رضى الله عنه قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلى فى شهر رمضان فى غير جماعة عشرين ركعة والوتر – رواه البيهقى والطبرانى عن عبد بن حميد
Dari ibnu abbas, ia berkata “ rasulullah SAW shalat dibulan Ramadlan tidak berjamaah sebanyak 20 rakaat ditambah witir
5. 2 ADZAN JUM’AT
·         Hadits riwayat Abu Dawud – Turmudzi  dan Ibnu Hatim
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : فعليكم بسنتى وسنة الخلفاء الراشدين المهديينعضوا عليها بالنواجد ( رواه ابو دوود والترمذى وابن حاتم عن ابيه )
“ Rasulullah SAW bersabda : berpeganglah dengan sunahku dan sunnah Khulafau Rasyidin yang mendapat petunjuk…
·   Hadits riwayat Bukhari, Abu Dawud, Turmudzi, Nasa’iy, Ibnu majah dan Ibnu Uzaimah, yaitu:
وَعَن السَّائِب بن يَزِيْد قال كان النّدَاء يوم الجُمْعَة اَوَّلَه اذا جلس الامام على المنبر على عهد النبى صلى الله عليه وسلم وابى بكر وعمر رضى الله عنهما فلما كان عثمان وَكَثُرَ النَّاسُ زَادَ النّدَاء الثالث على الزَوْرَاء وَهِى دَارٌ فى سُوْق المدينة
 ” Dari Sa’ib bin Yazid beliau berkata, pada masa Rasulullah, Abu Bakar, Umar, adzan jum’at pertama dilakukan setelah imam duduk di atas mimbar, kemudian pada masa Utsman dan masyarakat sudah bertambah banyak, maka beliau menambah adzan ketiga di atas Zaura’ yaitu tempat di pasar Madinah ( shahih Bukhari indek 865 )
·   Hadits riwayat Ahmad ibnu Hambal – Musnad ibnu hambal indek 16519
·   Kitab Tanwir al Qulub hal 220 – F. Mu’in hal 15

6. PERAYAAN MAULID NABI

·   Dalil  Al-Qur’an surat Yunus ayat 58

ö@è% È@ôÒxÿÎ/ «!$# ¾ÏmÏFuH÷qtÎ/ur y7Ï9ºxÎ7sù (#qãmtøÿuù=sù uqèd ׎öyz $£JÏiB tbqãèyJøgs ÇÎÑÈ  
58. Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan".

·   Al-Qur’an surat Huud ayat 120
yxä.ur Èà)¯R y7øn=tã ô`ÏB Ïä!$t6/Rr& È@ߍ9$# $tB àMÎm7sVçR ¾ÏmÎ/ x8yŠ#xsèù 4 x8uä!%y`ur Îû ÍnÉ»yd ,ysø9$# ×psàÏãöqtBur 3tø.ÏŒur tûüÏYÏB÷sßJù=Ï9 ÇÊËÉÈ  
120. Dan semua kisah dari Rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.

Hukum : kalau ada yang mengatakan bid’ah maka bid’ah hasanah, sebenarnya pertama kali yang merayakan adalah Nabi kita sendiri Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yaitu

عن ابى قتادة الانصارى ان رسول الله صلى الله عليه وسلم سئل عن صوم الاثنين فقال فيه ولدت وفيه انزل على ( رواه مسلم )
“ Di riwayatkan dari Abu Qatadah al – Anshari bahwa Rasulullah pernah ditanya tentang puasa senin, maka beliau menjawab.” Pada hari itulah aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku ( HR Muslim – 1977 )

Kemudian pertama kali yang mengadakan perayaan dengan bentuk lain yaitu mengumpulkan  orang orang adalah Raja Ibril di Iraq yang terkenal alim yaitu Al Mudhaffar Abu Sa’id Kukuburi bin Zainudin
Apa yang dilakukan Rasulullah dan perayaan maulid yang dilaksanakan oleh ummat muslim pada saat sekarang mempunyai esensi yang sama walau berbeda caranya
Tidaklah pantas bagi orang yang berakal menanyakan “ mengapa kalian merayakan mauludan ? itu sama halnya menanyakan “ mengapa kalian bergembira dengan kelahiran Nabi Muhammad ? sudah semestinya sebagai orang mukmin bergembira sebagai rasa syukur dan harapan untuk mendapat syafaatnya
Yang dimaksud perayaan disini yang umumnya dilakukan  oleh saudara saudara kita  adalah berkumpul untuk menyimak atau mendengar sejarah beliau-baca shalawat memberi makan orang orang faqir miskin
Imam Ibnu Hajar Al Asqalani berkata ( tentang peringatan mauludan ) saya mempunyai dalil yang kuat yaitu suatu riwayat yang tercatat dalam kitab shahih Buhari Muslim bahwasanya ketika Nabi dating ke Madinah beliau mendapati orang orang Yahudi sedang berpuasa pada hari asyura ( tgl 10 Muharam ) maka beliau bertanya  kepada mereka tntang hari itu dan mereka menjawab “ ini adalah hari yang pada saat itu allah menenggelamkan Fir’aun dan menyelamatkan Musa maka kami puasa untuk mengungkapkan rasa syukur kami kepada Allah yang maha tinggi lalu Nabi bersabda “ kami lebih berhak terhpad Musa daripada kalian “
Dalam hadits Bukhari diriwayatkan “ bahwa setiap hari senin abu Lahab diringankan siksanya karena ia pernah membebaskan budak perempuanya yang bernama Tsuwaibah, ketika budak tersebut menyampaikan kabar gembira tentang kelahiran nabi Muhammad SAW

·   Kitab Al Hawi ( imam Jalaluddin al- Suyuti ) juz I hal 251-252 – Manhaj al-salaf hal 339 – Tarsyihul mustafidin hal 325

7. KHASIAT AYAT-AYAT AL QUR’AN
·         Al – Qur’an surat al-Isra’ ayat 82
ãAÍit\çRur z`ÏB Èb#uäöà)ø9$# $tB uqèd Öä!$xÿÏ© ×puH÷quur tûüÏZÏB÷sßJù=Ïj9   Ÿwur ߃Ìtƒ tûüÏJÎ=»©à9$# žwÎ) #Y$|¡yz ÇÑËÈ
82.  Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

·   Hadits riwayat Muslim indek 6819, Malik – 1706, “ Dari Abu Hurairah r.a berkata , ada seorang laki laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata,” Wahai Rasulullah, tadi malam saya disengat kalajengking,” beliau menjawab :” andaikan kamu membaca pada sore hari: “ aku berlindung kepada kalimat kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan yang diciptakan Allah, pasti kalajengking tidak menyengatmu,”

·   Hadits dari Abu Sa’id al-Khudri Shahih Bukhari 2115 – Muslim 2201 – Abu Dawud 3900 – Turmudzi 2064 – Ibnu majah 2165
·   Hadits dari Khaulah binti al-Hakim al-Salamiyah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ( 2708 )

8 MEMBACA AYAT AL QUR’AN DI MAKAM
·   Al-Qur’an surat al-Hasyr ayat 10
šúïÏ%©!$#ur râä!%y` .`ÏB öNÏdÏ÷èt/ šcqä9qà)tƒ $uZ­/u öÏÿøî$# $oYs9 $oYÏRºuq÷z\}ur šúïÏ%©!$# $tRqà)t7y Ç`»yJƒM}$$Î/ Ÿwur ö@yèøgrB Îû $uZÎ/qè=è% yxÏî tûïÏ%©#Ïj9 (#qãZtB#uä !$oY­/u y7¨RÎ) Ô$râäu îLìÏm§ ÇÊÉÈ
10.  Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan Saudara-saudara kami yang Telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."
·   Hadits riwayat muslim
“ Dari Aisyah r.a, bahwa seorang laki laki mendatangi Nabi SAW dan ia bertanya,” wahai rasulullah, sesungguhnya ibu saya telah meninggal dengan mendadak, dan tidak berpesan dan saya mengiranya kalau seandainya ia berbicara ia akan shadaqah, apakah ia mendapat pahala jika aku shadaqah ? Nabi menjawab,” iya ( HR Muslim )
·   Musnad ahmad juz V hal 26
·   Kitab Nail al Autar juz IV hal 142 – kitab Dalil al-falihin juz VI (beriut) hal 103 – al   Futuhul al Madaniyah – Nashoihul ibad hal 22

9. MEMBACA AL-QUR’AN DI DEKAT JENAZAH
·   Hadits riwayat Nasya’i
عن معقل قال قال لاسول الله صلى الله عليه وسلم اقرؤوا على موتكم يس ( رواه النسائى )
“ Dari Ma’qal bin Yasar berkata,” Rasulullah SAW bersabda ,” bacalah surat Yasin untuk mayyit mayyit kamu sekalian ( HR Nasa’iy )
·   Sunan Abi Dawud indek no : 2714

10. BERMADZHAB
·   Al-Qur’an surat an Nisa ayat  59
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqß§9$# Í<'ré&ur ͐öDF{$# óOä3ZÏB ( bÎ*sù ÷Läêôãt»uZs? Îû &äóÓx« çnrŠãsù n<Î) «!$# ÉAqß§9$#ur bÎ) ÷LäêYä. tbqãZÏB÷sè? «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ̍ÅzFy$# 4 y7Ï9ºsŒ ׎öyz ß`|¡ômr&ur ¸xƒÍrù's? ÇÎÒÈ
59.  Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

·   Kitab al-Risalah nya Imam Syafi’I menegaskan ,” seseorang tidak boleh mengatakan ini halal atau ini haram, kecuali ia telah mengetahui dalilnya, sedang mengetahui dalil itu di dapati dari al-Qur’an, Hadits, Ijma’ atau qiyas ( al Risalah hal 36 )

11. TALQIN
- Saat sakaratul maut
·      Hadits riwayat Muslim ( Shohih – 1523 )
عن ابى سعيد الخدرى قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لقنوا موتاكم لا اله الا الله ( رواه مسلم )
“Dari Abi Sa’id al-Khudri Rasulullah Saw bersabda.” Talkinkanlah orang yang akan mati diantara kamu dengan ucapan laa ilaaha illallah
- talqin setelah pemakaman
Santri Imam Ahmad dan syafi’I menghukumi sunnah
·      Al-Qur’an surat al-Fatir : 22
!$tBur |MRr& 8ìÏJó¡ßJÎ/ `¨B Îû Íqç7à)ø9$# ÇËËÈ
22.  …….. dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang didalam kubur dapat mendengar[1254].
[1254]  Maksudnya : Nabi Muhammad tidak dapat memberi petunjuk kepada orang-orang musyrikin yang Telah mati hatinya.sedang orang islam yang beriman bias mendengar suara orang yang membimbing talqin dengan kekuasaan Allah, hal ini di perkuat dengan kebiasaan Nabi ketika ber ziarah ke makam mengucapkan salam

·   Hadits riwayat Abu Dawud ( kitab sunan Abu Dawud juz III hal 215 indek no: 3221 ) – dan diriwayatkan Imam Hakim juz I - 527 )
كان النبى صلى الله عليه وسلم اذا فرغ من دفن الميت وقف عليه فقال : استغفروا لاخيكم وسلوا له التثبيت فأنه الان يسال
 Dari Utsman, Beliau berkata :
“ Rasulullah ketika selesai memakamkan mayit, maka beliau berdiri disisinya, lalu berkata:” mohonkanlah ampun pada saudara saudaramu, dan mohonkan agar mereka selalu bisa menetapi ( menjawab pertanyaan malaikat Munkar Nakir ) karena ia pada saat ini sedang ditanyai
·   Kitab al- adzkar Imam Nawawi hal 206 – al-Hawi juz II hal 176 – Nihayatul Muhtaj al-Ramli juz III hal 4

12. HAUL
·   Hadits dari al Baihaqi
عن الواقد قال كان النبى صلى الله عليه وسلم يزور الشهداء بأحد فى كل حول واذا بلغ الشعب رفع صوته فيقول : سلام عليكم بما صبرتم فنعم عقب الدار___الحديث
"Dari al Waqidi, bahwa Nabi senantiasa berziarah ke makam para syuhada’ di bukit Uhud setiap tahun dan sesampainya di sutu tempat bernama Sya’b beliau mengeraskan suaranya dan berseru ,” keselamatan tetap padamu berkat kesabaranmu, maka betapa baiknya tempat kesudahanmu itu ( QS. Ar Ra’d 24 ) Abu baker juga berbuat seperti itu setiap tahun kemudian Umar – Utsman ( Nahjul Balaghah hal 394 ( Beirut ) dan dalam kitab Syarah al Shudur hal 92 )
Ibnu Hajar


13.BAROKAH PARA AULIYA’
·   Al Qur’an surat al Baqarah ayat 248
tA$s%ur óOßgs9 öNßgŠÎ;tR ¨bÎ) sptƒ#uä ÿ¾ÏmÅ6ù=ãB br& ãNà6uÏ?ù'tƒ ßNqç/$­G9$# ÏmÏù ×puZŠÅ6y `ÏiB öNà6În/§ ×p¨ŠÉ)t/ur $£JÏiB x8ts? ãA#uä 4yqãB ãA#uäur tbr㍻yd ã&é#ÏJøtrB èps3ͳ¯»n=uKø9$# 4 ¨bÎ) Îû šÏ9ºsŒ ZptƒUy öNà6©9 bÎ) OçFZä. šúüÏZÏB÷sB ÇËÍÑÈ
248.  Dan nabi mereka mengatakan kepada mereka: "Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan[156] dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman.

[156]  tabut ialah peti tempat menyimpan Taurat yang membawa ketenangan bagi mereka.
·   Hadits riwayat Bukhari indek no : 1118
عن ابن عمر رضى الله عنه قال كان النبى صلى الله عليه وسلم يأتى قباء كل سبت ماشيا اوراكبا
“Dari Ibnu Umar beliau berkata ,” Nabi selalu mendatangi masjid quba’ setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau mengendarai kendaraan
·   Hadits riwayat Ahmad-musnad Ahmad indek no 25705
“ dari Abdillah maula Asma’ binti Abu Bakar beliau berkata, ‘Asma’ memperlihatkan kepadaku sebuah pakaian dengan 2 lubang yang berjahit sutra, lalu Asma’ berkata, ini adalah pakaian Rasulullah SAW yang pernah beliau kenakan, pakaian itu dahulu disimpan oleh Aisyah, ketika Aisyah wafat aku yang menyimpanya, kami selalu mencelupkannya ke dalam air untuk obat orang yang sakit dikalangan kita semua,

14. MENYENTUH AL-QUR’AN
·      Al Qur’an surat al Waqi’ah : 79

. žw ÿ¼çm¡yJtƒ žwÎ) tbr㍣gsÜßJø9$# ÇÐÒÈ
79.  Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.

·      Hadits riwayat al-Darimiy
عن ابى بكر بن محمد قال : ان رسول الله صلى الله عليه وسلم كتب الى اهل اليمن ان لا يمس القران الا طاهر
Dari Abi Bakr bin Muhammad beliau berkata,: sesungguhnya Rasulullah SAW pernah menulis surat kepada penduduk Yaman supaya tidak meyentuh al Qur’an kecuali orang yang suci      ( sunan al-Darimiy indek no : 2166 )
·      Kitab Fathul Mu’in hal 10
·      Kitab Rawa’I al-Bayan fi tafsir ayatil Qur’an

MELAFADZKAN NIAT ( USHOLLI DLL)
Al qur’an QS. Al Bayyinah : 5
Hadits riwayat Muslim ( shohih juz II hal 157 – 158 )
Dari Umar bin Khathab :
انما الاعمال بالنيات وانما لكل امرئ ما نوى
Sesungguhnya segala amal perbuatan itu menurut niat dan sesungguhnya bagi setiap seseorang akan mendapatkan apa yang diniatkan
Hadits riwayat Muslim, dari Anas Beliau berkata,: aku mendengar Rasulullah SAW mengucapkan, لبيك عمرة وحجا   aku sengaja mengerjakan umrah dan haji
Kitab al Asybah wa al Nadhair hal 25
Kitab al Mizan hal 148
Kitab Nihayatul Muhtaj

15. BACA BASMALAH PADA SURAT AL FATIHAH
Basmalah termasuk ayat fatihah ( madzhab Syafi’I )
·      Al Qur’an surat al Hijr : 87
ôs)s9ur y7»oY÷s?#uä $Yèö7y z`ÏiB ÎT$sVyJø9$# tb#uäöà)ø9$#ur tLìÏàyèø9$# ÇÑÐÈ
87.  Dan Sesungguhnya kami Telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang[814] dan Al Quran yang agung.

[814]  yang dimaksud tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang ialah surat Al-Faatihah yang terdiri dari tujuh ayat. sebagian ahli tafsir mengatakan tujuh surat-surat yang panjang yaitu Al-Baqarah, Ali Imran, Al-Maaidah, An-Nissa', Al 'Araaf, Al An'aam dan Al-Anfaal atau At-Taubah.
·      Hadits riwayat Bukhari dari Abu Hurairah beliau berkata.” Sesungguhnya Nabi Saw selalu mengeraskan suaranya ketika membaca basmalah ( dalam shalat )             ( shahih Bukhari indek no:3451 )
·      Hadits riwayat Muslim dari Ubadah bin Shamit, ( shahih Muslim indek no : 595 )
·      Kitab Mughnil Muhtaj juz I hal 157 ( Beirut ) – Kitab Fiqh sunnah juz I 247 – Al Um juz I hal 129

16. PUJIAN SEBELUM SHALAT BERJAMAAH
·      Hadits Riwayat Abu Dawud : 4360 – al Nasa’I : 709
Sunan Ahmad : 20928  “ Dari Sa’id bin Musayyab r.a ia berkata,” suatu ketika Umar berjalan kemudian bertemu dengan Hasan bin Tsabit yang sedang melantunkan syair di masjid, Umar menegur Hassan, namun Hassan menjawab,” aku telah melantunkan syair di masjid yang didalamnya ada seorang yang lebih mulia dari anda, kemudian ia menoleh kepada Abu Hurairah r.a, Hassan melanjutkan perkataanya,” bukankah engkau telah mendengar sabda Rasulullah SAW,’ jawablah dariku “ ya Allah mudah mudahan engkau menguatkanya dengan ruh al Qudus”, Abu Hurairah menjawab,” ya Allah benar ( aku telah mendengarnya )
·      Hadits riwayat Anas bin Malik,” kami meriwayatkan dari anas bin Malik dari Rasulullah SAW beliau bersabda “ do’a yang dipanjatkan antara adzan dan iqomat tidak akan ditolak ( al Adzharal Nawawiy )
·      Kitab al Adzkar hal 12 – bughyah Musytarsidin hal 48

17. LAFADZ SAYYIDINA
·      Hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah
عن ابى هريره رضى الله عنه قال لاسول الله صلى الله عليه وسلم انا سيد ولد ادم يوم القيامة واول من ينشق عنه القبر واول شافع واول مشفع
Dari Abu Hurairah r.a berkata,” rasulullah SAW bersabda,” saya gusti ( penghulu ) anak adam pada hari qiyamah, orang yang pertama bangkit dari kubur, orang yang pertama memberikan syafa’at dan orang yang pertama diberi hak untuk memberikan syafa’at ( shahih Muslim indek no : 4223 )
·      Kitab Nail al autar juz II hal 326 – Hasyiyah al Bajuri juz I hal 156 – Manhaj al Salaf 169

18. MENGANGKAT JARI TELUNJUK WAKTU TAHIYYAT

·      Hadits riwayat Muslim, dari Ali bin Abdirrahman al Mu’awi beliau bercerita bahwa pada suatu kali Ibnu Umar r.a melihat saya sedang mempermainkan kerikil ketika shalat, setelah saya selesai shalat, beliau menegur saya lalu berkata,” apabila kamu shalat maka kerjakan sebagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW dalam shalatnya, Ibnu Umar berkata,” apa bila Nabi SAW duduk dalam shalat ( tahiyyat ) beliau meletakkan telapak tangan kananya diatas paha kanannya dan menggenggam semua jemarinya, kemudian berisyarah dengan mengangkat jari telunjuknya ketika mengucapkan,” Illallah dan meletakkan telapak tangan kirinya diatas paha kirinya ( shahih Muslim indek no : 913 )

19. WIRIDAN SETELAH SHALAT
·      Hadits riwayat Abu Dawud dari Abu Hurairah r.a bahwa Abu Dzar r.a bertanya kepada Rasulullah SAW,” wahai Rasulullah orang – orang kaya itu mempunyai banyak pahala, mereka malaksanakan shalat sebagaimana kami mendirikan shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka, namun kami tidak memiliki harta benda yang dapat kami sedekahkan, lalu Rasulullah bersabda,” wahai Abu Dzar maukah aku ajarkan kepadamu beberapa kalimah yang bisa menyamakan derajatmu dengan orang orang yang yang mendahuluimu, dan orang orang yang datang sesudahmu tidak akan dapat menyamaimu kecuali kalau mereka juga membaca kalimah itu, Abu Dzar menjawab. ‘ Iya wahai Rasulullah, maka kemudian Rasul bersabda.” Hendaklah kamu membaca takbir 33 x tahmid 33 x dan tasbih 33 x tiap tiap selesai shalat kemudian diakhiri dengan bacaan laa ilaahailla allah wahdahu lasyarikalah, maka dosa dosanya akan diampuni meskipun seperti buih dilautan ( sunan abu Dawud indek no : 1286 )
·         Hadits riwayat Muslim – shahih muslim indek no : 932 - Sunan al Nasa’I indek no : 124
·         Kitab Fatawi al Haditsiyah hal 56 (Beirut )

20. SALAMAN SETELAH SHALAT

·         Hadits riwayat Ibnu Majah – sunan indek no : 249
عن البراء بن عازب قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ما من مسلمين يلتقيان فيتصافحان الا غفر لهما قبل ان يتفرقا
Dari Barra’ bin Azib beliau berkata,” Rasulullah Saw bersabda,’ tidaklah dua orang muslim yang bertemu kemudian bersalaman kecuali diampuni dosanya sebelum keduanya berpisah
·      Kitab Tanwir al Qulub hal 199 – al Futuhat al Rabbaniyah 397 ( Beirut ) – bughyah : 50 – 51

21. SHALAT QABLIYAH & BA’DIYAH JUM’AT
·         Hadits Muslim dari Abu Hurairah r.a dari Nabi SAW beliau bersabda : barang siapa yang mandi ( mau shalat jum’at ) lalu pergi melaksanakan shalat jum’at dan shalat dengan kemampuan dia ( sunnah ) kemudian diam dan menyimak khutbah sampai selesai setelah itu dia shalat jum’at secara bersama, maka dosanya akan diampuni sejak hari itu sampai jum’at mendatang dan lebih 3 hari ( shahih Muslim indek no 1418 )
·         Hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah r.a beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda ,” jika salah seorang dari kamu shalat jum’at maka shalatlah 4 rakaat setelahnya ( shahih muslim indek no : 1457 )
·         Hadits riwayat Turmudzi indek no : 481
·         Kitab al Majmu’ syarah al Muhadzab juz IV hal 9 ( beirut )

22. BILAL JUM’AT
·      Hadits riwayat Imam Muslim
عن ابى هريرة رضى الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اذا قلت لصاجبك يوم الجمعة " انصت " والامام يخطب فقد لغوت
Dari Abu Hurairah r.a ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,” Apabila kamu berkata kepada temanmu.” Diamlah !“ pada hari jum’at padahal imam membaca khutbah maka sungguh sia sia jum’atanmu ( shahih muslim juz I hal 3 )
·         Kitab Nihayatuzein hal 59 – Tanwir al Qulub hal 179

23. KHATIB MEMEGANG TONGKAT
·      Hadits riwayat Ibnu Majah
عن سعيد بن عائد ان رسول الله صلى الله عليه وسلم كان اذا خطب فى الحرب خطب على قوس واذا خطب فى الجمعة خطب على عصا
Dari Sa’id bin ‘Aid.” Sesungguhnya Rasulullah ketika berkhutbah dalam waktu perang beliau memegang busur, dan manakala berkhutbah untuk shalat jum’at beliau memegang tongkat   ( sunan Ibnu Majah indek no : 1096 )
·         Hadits Abu Dawud no : 824
·         Kitab al Um juz I hal 272
·         Kitab subulusalam juz II hal 52

24. SHALAT GHAIB
·         Hadits riwayat Bukhari – Shahih indek 1168
عن ابى هريره لن رسول الله صلى الله عليه وسلم نعى النجاسى فى اليوم الذى مات فيه خرج الى المصلى فصف بهم وكبر اربعا
” Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW memberitahukan ( kepada kaum muslimin ) tentang wafatnya raja Najasiy pada hari meninggalnya raja tersebut, lalu beliau berangkat ke musholla bersama orang banyak, lalu para sahabat membuat shaf dan beliau SAW bertakbir 4 kali
·      Kitab kifayatul ahyar juz I hal 103 – 104
·      Kitab Ibnu Katsir juz I hal 443
·      Kitab I’anah al thalibin juz II                    hal 35 menyatakan bahwa shalat ghaib tidak perlu dan tidak shah shalatnya

25.QADLA’ SHALAT UNTUK MAYYIT
Ulama’ berbeda pendapat , ada yang boleh dan tidak
·      Kitab I’anah al Thalibin juz IIhal 24
·      Kitab Fatawa al Kubra juz II hal 251

26. DO’A  QUNUT
·      Hadits riwayat Turmudzi
ان النبى صلى الله عليه وسلم كان بقنت فى الصلاة الصبح والمغرب
Sesungguhnya Nabi SAW telah melakukan qunut dalam shalat subuh dan maghrib
·      Hadits riwayat Ahmad dari Anas bin Malik beliau berkata,’ Rasulullah melakukan qunut shalat subuh sampai beliau wafat       ( musnad Ahmad indek no: 12196 )
·      Kitab Fiqh sunnah juz II hal 38 – I’anah juz I hal 158

27. MENJAMU ORANG YANG BERTA’ZIAH

·      Hadits riwayat imam Turmudzi – sunan indek no : 605 ( teks hadits sesuai masalah selametan no 2 )
` jika jamuan makanan diambil dari harta peninggalan mayyit dan masih ada ahli waris yang mahjur alaih ( tercegah tasharufnya ) atau tanpa izin sebagian ahli waris maka hukumnya haram
` Adapun hukum makan disamping jenazah adalah makruh ( kitab risalah asbah al Quwah hal 25 )
·      Hadits riwayat Bukhari indek no 11

28. MEMBERI KESAKSIAN PADA JENAZAH
·      Hadits riwayat Ibnu Hibban dan Hakim
اذكروا محاسن موتكم وكفوا عن مساونهم
“ Sebutlah kebaikan kebaikan orang orang mati diantara kamu sekalian dan jangan membicarakan kejelekannya “
Sunan Turmudzi juz II hal 242 / indek no : 1024
·      Hadits riwayat Muslim juz I hal 50-51
·      Kitab Fat. Wahab juz I hal 268 – Riyadl al  shalihin hal 388


29. ADZAN UNTUK MAYYIT
Ahli hukum islam berbeda pendapat :
1. Pendapat Sunnah ini pernyataan dari sebagian ulama’ muta’akhirin yang mengqiyaskan pada kesunahan adzan dan iqomah di telinga anak yang baru lahir ( tetapi pendapat ini lemah )
2   Tidak sunnah sebab tidak ada dalil yang menunnjukkkan kesunahanya
·      Kitab I’anah al thalibin juz I hal 230
واعلم انه لا يسن الاذان عند دخول القبر خلافا لمن قال بسنته قياسا لخروجه من الدنيا على دخوله فيه
Ketahuilah melakukan adzan dikuburan bukan merupakan perbuatan sunnah, berbeda dengan orang yang berpendapat bahwa perbuatan itu sunnah, karena keluarnya dari dunia di qiyaskan pada masuknya seorang ke dunia
·         Kitab Fatawa al Rasail hal 113 - Bajuri Juz I hal 240

30. MENGUBAH LAFADZ IQAMAH SAAT PEMAKAMAN
Merubah lafadz قد قامت الصلاة  diganti dengan lafadz قد قامت القيامة   adalah tidak boleh dan merupakan bid’ah sayyi’ah ( jelek dan tercela ) yang tidak pernah ditemukan dalilnya baik sunnah atau atsar para ulama’
Ibnu Hajar al Haitsamiy dalam kitab Fatawa al Kubra juz III hal 17

31. TAHLILAN ( BACA KALIMAH TAYYIBAH ) DI KUBURAN
Dari Ahmad bin Hambal, Rasulullah Saw bersabda, jika kalian masuk makam, bacalah surat al Fatihah – Ihlas – al Falaq – an Nas, dan pahalanya kirimkan pada penghuni kubur, maka akan sampai kepada mereka ( I’anah juz II hal 143 )
·      Kitab al Ruh Ibnu Qayyim hal 75
Tentang Surat al Najm 36 – 39

br&ur }§øŠ©9 Ç`»|¡SM~Ï9 žwÎ) $tB 4Ótëy ÇÌÒÈ
39.  Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang Telah diusahakannya,

Para ahli tafsir menafsirkan mengenahi ayat diatas, diantaranya adalah syeh sulaiman bin umar al Ajili menjelaskan,” Ibnu Abbas berkata bahwa hukum ayat tersebut telah di mansukh ( di hapus ) dalam syari’at Nabi Muhammad SAW, hukumnya hanya berlaku dalam syari’at Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Musa a.s untuk Ummad Nabi Muhammad kandungan surat al Najm 39 di hapus dengan firman Allah
والحقنا بهم ذريتهم ayat ini menerangkan bahwa seorang anak dapat masuk surga karena amal baik ayahnya ( kitab Futuhat al Ilahiyyah juz IV hal 236 )

32. MENABUR BUNGA DI ATAS MAKAM
·         Al Qur’an        يسبح لله ما فى السموات والارض   semua makhluk yang ada di langit dan di bumi ( termasuk hewan dan tumbuhan ) bertasbih kepada Allah
·         Hadits Riwayat Bukhari ( shahih indek no : 1273 )
“ Dari ibnu Umar beliau berkata, suatu ketika Nabi melewati kuburan di Makkah atau di Madinah lalu beliau mendengar  suara dua orang yang sedang disiksa, beliau SAW bersabda, kepada para sahabat, bahwa kedua orang tersebut di siksa, keduanya disiksa bukan karena melakukan dosa besar, yang satu karena tidak memakai penutup ketika buang air kecil, sedang yang satunya karena sering mengadu domba, kemudian beliau SAW menyuruh sahabat untuk mengambil pelepah kurma lalu beliau membelahnya menjadi 2 bagian dan meletakkanya pada masing masing 2 kuburan tersebut, lalu para sahabat bertanya, kenapa Engkau melakukan hal ini wahai Rasulullah, beliau menjawab,” semoga Allah meringankan sisksa kedua orang tersebut selama 2 pelepah kurma sebelum kering
·      Kitab Nail alAutar juz IV hal 84 – Nihayah al zain hal 145
# sedang bunga yang ditaburkan disepanjang jalan waktu mengiring jenazah adalah perbuatan yang dilarang karena mengambur hamburkan harta

33. SELAMATAN HAJI
·      Hadits riwayat Bukhari ( shahih indek no : 2859 )
عن جابر بن عبد الله رضى الله عنهما ان انبى صلى الله عليه وسلم لما قدم المدينة ثحر جزورا او بقرة
Dari Jabir bin Abdillah r.a bahwa ketika Rasulullah SAW datang ke Madinah usai melaksanakan haji, beliau menyembelih kambing atau sapi
·      Kitab al Fiqh wadlih hal 673

34. ZIARAH KEMAKAM RASUL
·      Hadits riwayat Daru Qutniy
عن ابن عمر رضى الله عنه ان النبى صلى الله عليه وسلم قال من حج فزار قبرى بعد موتى كان كمن زرانى فى حياتى ( اخرجنى دار قطنى )
Dari ibnu Umar r.a sesungguhnya Nabi SAW bersabda,” barang siapa yang melaksakan ibadah Haji, lalu berziarah ke makamku setelah aku meninggal dunia, maka ia seperti orang yang berziarah kepadaku ketika aku masih hidup
·         Hadits riwayat Ahmad Ibnu Hambal, musnad indek no: 8449
·         Kitab I’anah al thalibin juz II hal 313

35. ADZAN UNTUK BAYI
·      Hadits riwayat Abu Dawud – sunan indek no : 4441
عن ابى رافع قال لاايت رسوا الله صلى الله عليه وسلم اذن فى اذن الحسين حين ولدته فاطمة بالصلاة
Dari Abi Rafi’ berkata, saya melihat Rasulullah SAW adzan di telinga Husain ketika Fatimah melahirkanya lalu membaca shalawat
·      Kitab tanwirul Qulub hal 122 – Fat. Wahab juz II hal 190

36. MANAQIBAN
·         Kitab Bughyah al Musytarsyidin hal 97
Di tuturkan dalam atsar, dari Rasulullah SAW beliau bersabda,” barang siapa membuat           ( menulis ) sejarah orang mu’min yang sudah meninggal, maka ia sama dengan menghidupkannya kembali, dan siapa yang membacakan sejarahnya seolah olah ia sedang mengunjunginya dan siapa yang mengunjunginya, Allah akan memberinya surga
·      Kitab Jami’ushagir hal 278

37. ISTIGHOSAH – TAHLILAN
( KUMPUL KUMPUL BACA KALIMAH THAYYIBAH )
·      Al Qur’an surat Muhammad ayat 19
óOn=÷æ$$sù ¼çm¯Rr& Iw tm»s9Î) žwÎ) ª!$# öÏÿøótGó$#ur šÎ7/Rs%Î! tûüÏZÏB÷sßJù=Ï9ur ÏM»oYÏB÷sßJø9$#ur 3 ª!$#ur ãNn=÷ètƒ öNä3t7¯=s)tGãB ö/ä31uq÷WtBur ÇÊÒÈ

19.  Maka Ketahuilah, bahwa Sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, Tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.

·      Hadits riwayat Muslim ( shahih indek no 4868 )
عن ابى سعيد الخدرى قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يقعد قوم يذكرون الله عز وجل الا حقتهم الملائكة وغشيتهم الرحمة ونزلت عليهم السكينة وذكلاهم الله فيمن عنده
Dari Abi Sa’id al Khudri ia berkata,” Rasulullah SAW bersabda.” Dan tidaklah berkumpul suatu kaum sambil menyebut asma Allah SWT, kecuali mereka akan dikelilingi para malaikat, Allah SWT akan melimpahkan rahmat kepada mereka, memberikan ketenangan hati dan memujinya dihadapan makhluk yang ada disisi-Nya
·         Hadits riwayat Ahmad juz III hal 150  - HR Turmudzi indek no 3510
عن انس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا مررتم برياض الجماعة فارتعوا قالوا يارسول الله وما رياض الجنة ؟ قال حلق الذكر
Dari anas ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “ apabila kalian melewati taman surga maka berdzikirlah bersama mereka, para sahabat bertanya, apa yang dimaksud taman surga ya Rasul ? beliau menjawab, yaitu kumpulan orang orang yang berdzikir

38. MEMBERI BANTUAN MAKANAN KEPADA KELUARGA MAYYIT
·         Hadits riwayat Abu Dawud dalam sunan nya indek 2725
عن عبد الله بن جعفلا رضى الله عنهما قال لما قدم خبر موت ابى قال النبى صلى الله عليه وسلم لأهل بيته اصنعوا لاهل جعفر طعاما وابعثوا به اليهم فقد جاءهم مايشغلهم عنه
Dari Abdullah bin Ja’far ra. Ia berkata, “ketika datang kabar meninggalnya ayahku, Rasulullah SAW berkata pada keluarganya, buatlah makanan untuk keluarga Ja’far lalu kirimkan kepada mereka, telah datang kepada mereka sesuat yang membuatnya sibuk sehingga lupa makanan

39. DZIKIR FIDA’
1. Baca lailaaha illaallah
·         Hadits riwayat abu Hurairah
عن ابى هريرة رضى اللع عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم جددوا ايمانكم قالوا يارسول الله كيف نجدد ايماننا ؟ قال اكثروا من قول لااله الا الله
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda, perbaruilah iman kalian, para sahabat bertanya bagaimana cara memperbarui iman kami ya rasul ? Rasulullah SAW menjawab. “perbanyaklah membaca laailahaillallah ( Musnad ahmad Ibnu Hambal indek no 8353 )
Sunan turmudzi 3514
Diantara ulama ada yang menganjurkan untuk membacanya sampai 70.000 kali, sebagaimana yang dituurkan oleh syeh Abi Zaid al Maliki al Qurthubi dengan ucapanya.” Saya mendengar dalam sebagian khabar ( atsar – ulama’ ) bahwa’ barang siapa yang membaca laailahaillallah sebanyak 70,000 maka bacaan itu menjadi penebusnya dari api neraka ( kitab Ifadah al Thulab hal 32 )
2. Baca surat Ihlas
Rasul SAW bersabda,” barang siapa yang membaca surat ihlas sebanyk 100.000 maka ia telah menebus dirinya kepada Allah, kemudian ada seruan dari sisi Allah di langit dan di bumi Nya, ingat sesungguhnya si Fulan telah dibebaskan oleh Allah dari api neraka, maka barang siapa yang mempunya tangggungan dosa kepadanya maka menuntutlah kepada Allah ( diriwayatkan oleh al Bazzar dari Anas bin Malik ( kategori hadits marfu’ ) dalam kitab tuhfatul murid ala jauhar al tauhid hal 140

40. PENGERTIAN BID’AH
Menurut Imam Izzudin bin Abdisalam
البدعة فعل مالم يعهد فى عصر رسول الله
Bid’ah adalah mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikenal pada masa Rasulullah ( kitab Qawa’id al Ahkam juz II hal 175
Pembagian bid’ah :
Imam Syafi’I berkata, bid’ah ada dua macam, pertama sesuatu yang baru yang menyalahi al Qur’an atau Sunnah / ijma’ itu disebut bid’ah dlalalah ( sesat ) kedua sesuatu yang baru dalam kebaikan yang tidak menyalahi al Qur’an / al sunnah / ijma’ dan itu disebut bid’ah yang baik ( al Baihaqi, manaqib  syafi’I juz I hal 469 )
Imam Izzuddin bin Abdissalam dalam kitabnya al Qawa’idul al Ahkam juz II hal 133, menyimpulkan bahwa bid’ah terbagi lima
1.      Bid’ah wajibah, contoh menekuni ilmu nahwu sebagai sarana memahami al Qur’an dan al Hadits, karena menjaga syari’at hukumnya wajib dan tidak mungkin bisa memahami al Qur’an atau Hadits tanpa ilmu Nahwu
2.      Bid’ah muharramah, contoh ajaran Qadariyah, jabariah , murjiah
3.      Bid’ah mandubah contoh, mendirikan sekolah jembatan dll
4.      Bid’ah makruhah contoh, memperindah bangunan masjid, menghiasi mushaf al qur’an
5.      Bid’ah mubahah contoh, makan lezat, pakaian indah dll

41. MENCIUM TANGAN ULAMA / GURU
·      Hadits riwayat Abu Dawud indek 4548
عن زارع وكان فى وفد عبد القيس قال لما قدمنا المدينة فجعلنا نتبادر من رواحلنا فنقبل يد النبى صلى الله عليه وسلم ورجله
Dari Zari’ ra. Ketika beliau menjadi salah satu delegasi suku Abdil Qais, beliau berkata,” ketika kami sampai di Madinah, kemudian kami bersegera turun dari kendaraan kita, lalu kami mengecup tangan dan kaki Nabi SAW”
Para ulama  mensunahkan mencium tangan guru, ulama orang sholeh orang tua yang kita hormati
·   Kitab Fatawi Imam Nawawi hal 79

42. AMALAN HIZIB DAN AZIMAT
·         Hadits Riwayat Muslim ( shahih indek 4079 )
عن عوف بن مالك الاشجعى قال كنا نرقى فى الجاهلية فقلنا يارسول الله كيف ترى قى ذلك فقال اعرضوا على رقاكم لا بأس بالرقى مالم يكن فيه شرك
Dari ‘auf bin malik al Asyja’I ia meriwayatkan bahwa pada zaman jahiliyyah, kita selalu membuat ruqyah ( semacam azimat ) lalu kami bertanya kepada Rasulullah SAW bagaimana pendapat engkau wahai Rasul tentang hal itu ? Rasul menjawab, coba tunjukkan ruqyahmu itu kepadaku, membuat ruqyah tidak apa apa selama didalamnya tidak mengandung kesyirikan,”
·      Hadits Ahmad dan al Hakim indek 16781
عن عقبة بن عامر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من علق تميمة فقد اشرك
Dari Uqbah bin Amir ia berkata Rasulullah SAW bersabda,” barang siapa yang menggantungkan azimat maka ia telah berbuat syirik,”
Mengomentari hadits ini, Ibnu Hajar dan para ulama’ yang lain  berpendapat ,” bisa dikatakan syirik bila yang digantungklan tidak mengandung ayat al Qur’an atau berupa dzikir kepada Allah,” kitab Faidh al Qadir juz VI hal 181 )
Tidak semua Ruqyah atau azimat bisa dibenarkan setidaknya ada 3 ketentuan yang harus di perhatikan
  1. harus mengandung ayat Allah atau Asma Allah, nama para Nabi atau Malaikat
  2. menggunakan bahasa arab atau yang lain yang dapat difahami
  3. berkeyakinan bahwa ruqyah tidak memberi pengaruh apapun, apabila yang diinginkan terwujud itu semata mata takdir Allah, azimat hanya sebagai sebab / perantara saja, ( al Adab al Syar’iyyah juz II hal 307 – 310 )

43.NGUPATI ( TELON TELON ) – TINGKEPAN
Fase fase manusia yang paling menentukan – penting  dan genting adalah tiga hari yaitu saat dilahirkan – saat dicabut nyawanya – dan saat dibangkitkan dari alam kubur
·      Al Qur’an surat Maryam : 33

ãN»n=¡¡9$#ur ¥n?tã tPöqtƒ N$Î!ãr tPöqtƒur ÝVqãBr& tPöqtƒur ß]yèö/é& $|ym ÇÌÌÈ

33.  Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, ( Isa ) pada hari Aku dilahirkan, pada hari Aku meninggal dan pada hari Aku dibangkitkan hidup kembali".

Al qur’an surat al A’raf : 189
* uqèd Ï%©!$# Nä3s)n=s{ `ÏiB <§øÿ¯R ;oyÏnºur Ÿ@yèy_ur $pk÷]ÏB $ygy_÷ry z`ä3ó¡uŠÏ9 $pköŽs9Î) ( $£Jn=sù $yg8¤±tós? ôMn=yJym ¸xôJym $ZÿÏÿyz ôN§yJsù ¾ÏmÎ/ ( !$£Jn=sù Mn=s)øOr& #uqt㨊 ©!$# $yJßg­/u ÷ûÈõs9 $oYtGøŠs?#uä $[sÎ=»|¹ ¨ûsðqä3uZ©9 z`ÏB šúï̍Å3»¤±9$# ÇÊÑÒÈ
189.  Dialah yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan dari padanya dia menciptakan isterinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, isterinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: "Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami terraasuk orang-orang yang bersyukur".


Oleh karena itu, senantiasa kita memohon kepada Allah agar diselamatkan dari goadaan dan sentuhan syetan pada hari kelahiran – kematian – dan kebangkitan

Amien amien
13 R. akhir 1430 H / 9 April -09
085236760236
www.bukukitabterjemah.blogspot.com
Pustaka





















Sambutan Pengasuh

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar