بسم الله الرحمن الرحيم
الحــــــــمد لله الذى قد وفقا
|
للـعلم خــــــــــير خلقه وللتقى
|
Segala
puji bagi ِAllah
yang telah menolong hamba – hamba terbaiknya dengan ilmu dan taqwa
حتى نـحت قلوبـــهم لنحوه
|
فمن عظيـــــــــم شأنه لم تحوه
|
Sehinga
hati mereka menuju kepada-Nya , karena keagungan Dzat – Nya namun mereka tidak
mampu mencakup - Nya
فأشـــربت معنى ضمير الشان |
فأعربت فى الـــــحان بالالحان
|
Maka
dicampurlah ma’na , dlomir syain ( kalimah taukhid ) di dalam hati , sehingga
bisa merasakan indahnya berma’rifat kepada-Nya serasa mendengarkan alunan
lagu
ثم الـــصلاة مع سلام لائق
|
على النبــــــــى افصح الخلائق
|
Sholawat
serta salam sudah selayaknya di haturkan kepada Nabi yang paling fasih dari
semua mahluk
محــــمد والال والاصحاب
|
من اتـــــــــقنواالقران بالاعراب
|
Yaitu
Nabi Muhammad , kepada keluarga dan sahabatnya yang menyakini Al – qur’an
dengan sebab I’rob
وبعد فاعــلم انه لما اقتصر
|
جل الورى على
الكلام المختصر
|
Selanjutnya
ketahuilah bahwa banyak ulama’ besar membuat ringkasan dari kitab yang sudah
ringkas
وكان مطلوبا اشــــدا الطلب
|
من الورى حفظ اللسان العربى
|
Dan
mendalami bahasa arab yang sangat penting bagi manusia
كى يــــفهموا معاني القران
|
والســـــنة الدقيقة الـــــمعانى
|
Supaya
mereka bisa memahami Al – qur’an dan as-sunah yang rumit kandungan maknanya
والنحو اولى اولا ان يعلـما
|
اذ الكـــــلام دونه لن يفـــــهما
|
Nahwu adalah ilmu yang paling
utama dipelajari dahulu , karena kalam Arab tanpa ilmu nahwu tidak bisa
difahami
وكان خير كتبه الصــغيرة
|
كراسة لطيفة شــــــــــــــهيرة
|
Dan sebaik
–baik kitab nahwu yang begitu kecil , yaitu satu kuras yang begitu tipis dan
terkenal
فى عربها وعجمها والروم
|
الفها الحــــــــــبر ابن اجروم
|
Di
negara Arab dan Ajam, juga dikerajaan Rum , yang dikarang oleh seorang yang
alim yaitu IBNU AJURUM
وانتفعت اجــــــــلة بعلمها
|
مع ماتراه من لطيف حجمها
|
Ulama’-ulama’
besar banyak yang menimba ilmunya kitab Jurumiah, padahal mereka tahu dari
bentuknya yang kecil
نظمتها نظما بديعا مقتدى
|
بالاصل فى تقريبه للمبتدى
|
Maka aku
nadhomkan kitab jurumiah dengan nadhom yang indah serta mengikuti kitab asalnya
untuk memudahkan orang yang mulai belajar ilmu nahwu
وقد حذفت منه ماعنه غنى
|
وزدته فوائدا بـــــــها الغنى
|
Aku
telah membuang sebagian yang kurang perlu , dan aku tambahkan beberapa faedah
yang cukup penting
متمـــــــما لغالب الابواب
|
فجاء مثل الشـــــــرح للكتاب
|
Untuk
melengkapi bab-bab yang sudah ada , maka adanya kitab ini seperti sebuah
penjelasan ( syarah ) dari kitab asal (jurumiah )
سئلت فيه من صديق صادق
|
يفهم قولــــــى لاعتقاد واثق
|
Aku diminta untuk membuat nadhom
oleh beberapa sahabat dekat yang bisa memahami ucapanku dengan tekat yang kuat
اذالفتى حسب اعتقاده رفع
|
وكل من لم يعتقـــــد لم ينتفع
|
Karena kemuliaan kawula muda di
ukur dari tekadnya, barangsiapa tidak mempunyai keyakinan ( tekad ) maka tidak
akan meraih ( keberhasilan )
فنسأل المنان ان يجــــيرنا
|
من الريا مضـــــاعفا اجورنا
|
Aku
mohon kepada dzat yang maha pemurah supaya menyelamatkan diriku dari sifat
riya’ juga melipat gandakan pahalaku
وان يكـــــــون نافعا بعلمه
|
من اعتنى بحــــــفظه وفهمه
|
Dan semoga
memberikan manfaat ilmu nadhom ini bagi siapa saja yang telah berusaha
menghafal dan memahaminya
باب الكلام
كلامــــــهم لفظ مفيد مسند
|
والكـــــلمة اللفظ المفيد المفرد
|
Kalam
menurut mereka ( ahli nahwu ) adalah lafadz yang menunjukan (mufid ) yang
disandarkan , sedang kalimah adalah lafad yang menunjukan makna serta mufrod
(tidak disandarkan )
لاسم وفعل ثم حرف تنقسم
|
وهذه ثلاثهــــا هى الكلم
|
Kalimah
dibagi atas kalimah isim , fiil , dan huruf . dan kalimah ketiga ini berkumpul
sebagai kalim
والقــــول لفظ قد افاد مطلقا
|
كقــــم وقد وان زيدا ارتقى
|
Qoul
adalah lafad yang berfaedah secara mutlaq seperti lafad قد - قم dan ان زيداارتق
فالاسم بالتنوين والخفض عرف
|
وحرف خفــض وبلام والف
|
Kalimah isim ditandai dengan
tanwin – I’rob jer –huruf jer dan ال
والفعل معروف بقد والسين
|
وتاء تأنيــــــث مع التسكبن
|
Tanda kalimah fiil dengan adanya سين – قد ta’ta’nis
sakinah
وتا فعلت مطلقا كجئت لى
|
والنون واليافى افعلن وافعلى
|
Ta’nya
lafad فعلت ( ta’ fail ) secara mutlaq seperti lafad جئت لى –nun ( taukid ) contoh افعلن dan ya’ (
muanas mukhotobah ) contoh افعلى
والحرف لم يصلح له علامه
|
الا انتفــــــــــــــا قبوله العلامه
|
Kalimah huruf adalah kalimah yang
tidak pantas mempunyai tanda selain keadaanya yang memang tidak bisa menerima
tanda
باب الاعراب
اعرابهم تغيــــير اخر الكلم
|
تقديرا او لفظا لعامــــل علم
|
I’rob
menurut mereka ( ulama’ nahwu ) adalah perubahan di akhir kalimah secara
kira-kira / tampak lafadnya karena masuknya amil yang telah di ketahui
اقســــــــامه اربعة فلتعتبر
|
رفع ونصــــب وكذا جزم وجر
|
Pembagian I’rob ada 4 secara
jelas yaitu rofa’ , nashob , jer , jazem
والكل غيرالجزم فى الاسما يقع
|
وكلها فى الفعل والخفض امتنع
|
Semua
I’rob bisa masuk pada kalimah isim selain I’rob jazem dan semuanya juga bisa
masuk pada kalimah fiil selain I’rob jer
وسائر الاسماء حيث لاشبه
|
قربها من الحـــروف معربه
|
Isim
isim yang tidak serupa dengan kalimah huruf secara dekat disebut isim mu’rob
وغير ذى الاسماء مبنى خلا
|
مضارع من كل نون قد خلا
|
Selain isim isim ( yang disebut
di atas ) di sebut isim mabni kecuali fiil mudlori’ yang sunyi dari setiap nun
( baik nun taukid / nun jama’ niswah)
باب علامات الاعراب
للرفع منها ضمة واو الف
|
كذاك نون ثابت لامنحذف
|
Tanda
dari I’rob rofa’ yaitu dlommah , wawu , alif , dan tetapnya nun yang tidak terbuang
فالضم فى اسم مفرد كاحمد
|
وجمـع تكسير كجاء الاعبد
|
Dlommah
( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat pada isim mufrod contoh احمد dan jama’
ta’sir contoh جاءالاعبد
وجمـــــــع تأنيث كمسلمات
|
وكل فــــــــــعل معرب كيأتى
|
dan jama’ ta’nits contoh مسلمات dan fiil
yang mu’rob contoh يأتى
والواو فى جمع الذكور السالم
|
كالصالحون هم اولوالمكارم
|
Wawu ( menjadi tanda I’rob rofa’
) bertempat pada jama’ mudhakar salim seperti lafad الصالحون هم
الوالمكارم
كما اتت فى الخمسة الاسماء
|
وهى التى تأتى على الولاء
|
Sebagaimana wawu ( pada jama’
mudhakar salim ) juaga terdapat pada asmaul khomsah yang akan di datangkan
dengan urut
اب اخ حم وفو وذو جرى
|
كل مـــــــضافا مفردا مكبرا
|
اب , اح , حم , فو, ذو yang berlaku dalam bentuk mudhof , mufrod
serta mukabbar
وفى المثنى نحو زيدان الالف
|
والنون فى المضارع الذى عرف
|
Alif (
menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat pada isim tasniyah seperti lafad زيدان dan nun (
menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat dalam fiil mudhori’ yang di ketahui
بــــــــــيفعلان تفعلان انتــما
|
ويفعلــــــون تفعلون معهما
|
Dengan lafad يفعلان , تفعلان ,
يفعلون , تفعلون
وتفعلـــــين ترحمين حالى
|
واشتهرت بالخمسة الافعال
|
(ترحمين)
تفعلينYang dikenal sebagai افعل الخمسة
باب علامات النصب
للنصب خمس وهى فتحة الف
|
كسر وياء ثــــم نون تنحذف
|
I’rob
nashob mempuyai 5 tanda yaitu fatkhah , alif , kasroh , ya’ , terbuangnya nun
فانصب بفتح مابضم قدرفع
|
الا كهندات ففتــــــحه منع
|
Nashobkanlah
dengan fathah pada lafad – lafad yang di baca dhomah ketika di rofa’kan kecuali
semisal lafad هندات (jama’ muanas salim ) yang tidak boleh di
baca fatkhah .
واجعل لنصب الخمسة الاسما ألف
|
وانصب بكسر جمع
تأنيث عرف
|
Jadikan
alif sebagai tanda I’rob nashobnya asmaul khomsah dan nashobkanlah jama’
muannas salim dengan kasroh
والنصب فى الاسم الذى قد ثنيا
|
وجمع تذكير مصـــــحح بيا
|
I’rob
nashobnya isim tasniyah dan jama’ mudhakar salim adalah memakai ya’
والخمسة الافعال حيث تنتصب
|
فحذف نون الرفع مطلقا يجب
|
Af’alul
khomsah jika di baca nashob maka , dengan membuang ,nun rofa’ secara
mutlak
باب علامات الخفض
علامات الخفض التى بها انضبط
|
كسر وياء ثم فتحة فقط
|
Tanda
I’rob jer yang sudah di tetapkan adalah kasroh , ya’ , dan fatkhah
فاخفض بكسر ما من الاسما عرف
|
فى رفعه بالضم
حيث ينصرف
|
Jerkanlah
dengan ,kasroh , pada isim yang menerima tanwin yang di tandai dengan dhomah
dalam I’rob rofa’nya
واخفض بياء كل ما بهانصب
|
والخمسة الاسما بشرطها تصب
|
Jerkanlah
dengan ya’ pada setiat isim yang dinashobkan dengan ya’ serta pada asmaul
khomsah yang telah memenuhi syarat
واخفض بفتح كل ما لم ينصرف
|
مما بوصف الفعل صار يتصف
|
Jerkanlah
dengan fatkah pada setiap isim ghoiru munshorif yaitu isim yang mempunyai
kesamaan dengan sifat fiil
بان يحـــــوز الاسم علتين
|
|
او علـــــــة تغنى عن اثنتين
|
Yang mempunyai illat 2 atau 1
yang mencakup illat 2
فالف التأنيث اغنت وحدها
|
وصيغة الجمع الذى قد انتهى
|
Illat
alif ta’nis ( menghalangi kemunshorifan ) cukup dirinya sendiri sebagai mana
shiqhot muntahal jumu’ !
والعلتان الوصف مع عدل عرف
|
او وزن فعل او
بنون والف
|
Dua
illat ( yang menghalangi kemunshorifan ) adalah sifad dengan udul / wazan fiil
/dengan alif nun
وهذه الثـــــلاث تمنع العلم
|
|
وزاد تركيـــبا واسماء العجم
|
Ketika
illat ( yang disebutkan ) juga menghalangi kemunshorifan isim alam dan di
tanbah terkib majzi dan isim-isim ajam
كذاك تأنيث بما عد الالف
|
|
فأن يضف او يأتى بعد ال صرف
|
Demikian juga ta’nis tanpa alif apabila isim qhoiru munshorif di
mudhofkan / kemasukan ال maka
kembali munshorhif
باب علامات الجزم
والجزم فى الافعال بالسكون
|
او حذف حرف علة او نون
|
I’rob
jer yang masuk dalam kalimah fiil ditandai dengan sukunatau membuang huruf
illat / nun
فحذف نون الرفع قطعا يلزم
|
فى الخمسة الافعال حيث تجزم
|
Membuang
nun alamat rofa’ di tetapkan dalam af’alul khomsah yang di baca jazem
وبالسكون اجزم مضارعا سلم |
|
من كونه بحرف علة ختم
|
Jazemkanlah
dengan sukun pada fiil modlore’ yang selamat huruf akirnya dari huruf illat
اما بواو او بياء او الف
|
|
وجزم ممعتل بها ان تنحذف
|
Baik
berupa wawu / ya’ / alif dan i’rob jazemnya fiil mudlore’ mu’tal akhir adalah
dengan membuang huruf illat
ونصب ذى واو وياء يظهر
|
وما سواه فى الثلاث قدروا
|
Tanda
nashob fiil mudlore’ mu’tal wawi dan mu’tal ya’I di baca jelas ( fatkhah )
sedang selain I’rob nashob dalam fiil
tiga ( mu’tal wawi , ya’I , alif ) dikira-kirakan
فنحو يغزو يهتدى يخشى ختم
|
بعلــــــة وغيره
منها سلم
|
Contoh يغزو – يهتدى
- يخس yang akhirnya huruf illat dan selain
lafad-lafad tersebut . di anggap selamat ( di sebut fiil bina’ salim )
وعلة الاســــــماء ياء والف
|
فنحو قاض والفتى بها عرف
|
Huruf illat kalimah isim adalah
ya’dan alif sedang lafad قاض & الفتى telah di
ketahui kemasukan huruf illat
اعراب كل منــــــــهما مقدر
|
فيها ولكن نصب قاض يظهر
|
I’robnya
setiap isim mu’tal ya’ & alif di kira- kirakan dengan huruf illat tetapi
I’rob nashobnya . lafad قاض
dijelaskan
وقدروا ثلاثــــــــــة الاقسام
|
فى الميم قبل الياء من غلامى
|
Orang
arab mengira-ngirakan tiga I’rob ( rofa’ , nashob , jer ) pada huruf mim yang
jatuh sebelum ya’nya lafad غلامى
والواو فى كمسلمى اضمرت
|
والـــــــــــنون فى لتبلون قدرت
|
Wawu pada lafad seperti مسلمت di simpan sedang نون pada lafad لتبلون di kira-kirakan
فصل
المعربات كلها قد تعرب
|
|
بالحركات او حروف تقرب
|
Semua
kalimah mu’rob di I’robi dengan harokat / dengan huruf
فاول القسمين منها اربع
|
|
وهى التى مرت بضم ترفع
|
Bagian
pertama dari kalimah mu’rob ( yang di tandai dengan harokat ) ada 4 . yaitu di
tandai dengan dhomah , ketika di baca rofa’
وكل ما بضـــــمة قد ارتفع
|
فنــــــصبه بالفتح مطلقا يقع
|
Semua
kalimah di semua tanda rofa’nya dengan dhomah , maka nashobnya memakai fatkhah
secara mutlaq
وخفض الاسم منه بالكسر التزم
|
والفعل منه بالسكون منجزم
|
Tanda
jernya isim ( yang demikian ) selalu di tandai dengan kasroh ,sedang jazemnya
kalimah fiil di tandai dengan sukun
لكن كهندات لنصبه انكسر
|
وغير مصروف بفتحة يجر
|
Akan
tetapi isim seperti lafad هنذات( jama’ muanassalim ) di baca kasroh
ketika nashob dan isim qhoru munshorif di baca fathah ketika di jerkan
وكل فعل كان معتلا جزم
|
|
بــــحذف حرف علة كما علم
|
Semua
fiil mu’tal ketika di jazemkan di tandai dengan membuang huruf illat
والمعربات بالحروف اربع |
|
وهى المـــــثنى وذكور تجمع
|
Isim-isim mu’rob yang di tandai
dengan huruf ada 4 yaitu isim tasniyah dan jama’ mudhakar
جمعا صحيحا كالمثال الخال
|
|
وخمــــــسة الاسماء والافعال
|
Dengan jama’ shoheh seperti yang
lalu dan asmaul khomsah dan af’alul khomsah
اما المثنى فلرفعه الالف
|
|
ونصبه وجره بالياعرف
|
Adapun
isim tasniyah tanda rofa’nya dengan alif , ketika nashob dan jernya di tandai
dengan ya’
وكالمثنى الجمع فى نصب وجر
|
ورفعه بالواو مر
وستقر
|
Seperti
halnya isim tasniyah adalah jama’ mudhakar salim ketika tingkah nashob &
jer . sedang I’rob rofa’nya memakai wawu
والخمسة الاسما كهذاالجمع فى
|
رفع وخفض وانصبن
بالالف
|
Asmaul
khomsah juga seperti jama’ mudhakar salim ketika di baca rofa’ dan jer , namun
nashobkanlah dengan tanda alif
والخمسة الافعال رفعها عرف
|
|
بنونها وفى سواه تنحذف
|
Af’alul khomsah tanda rofa’nya memakai nun dan selain rofa’ di
tandai dengan terbuangnya nun
باب المعرفة
والنكرة
وان ترد تعريف الاسم النكرة
|
|
فهو الذى يقــــــبل ال مؤثرة
|
Bila kamu
ingin mengetahui pengertian isim nakiroh maka pengertianya adalah
isim yang bisa menerima ال muats siroh ( berpengaruh )
وغيره معارف وتــــــحصر
|
|
فى ستة فالاول اسم مضمر
|
Selain
isim nakiroh disebut isim ma’rifat dan di bagi 6 yang pertama isim dhomir
يكنى به عن ظاهر فينتمى
|
للغيــــــب والحضور والتكلم
|
Yaitu
isim yang di buat kinayah dari isim dlomir : maka isim dlomir ada yang
menunjukan ghoib , hadlir dan takalum
وقســـــــــموه ثانيا لمتصل
|
مســـــــــتتر اوبارز اومنفصل
|
Mereka
ahli nahwu membagi dhomir menjadi 2 yaitu dlomir muttasil mustatir dan muttasil
baris serta dlomir munfasil
ثانى المعارف الشهير بالعلم
|
كجـــــــــعفر ومكـــة وكالحرم
|
Yang kedua isim ma’rifat adalah
isim alam seperti lafad جعفر - مكه - الحرم
وام عــــــــــمرو وابى سعيد
|
ونـــــحو كهف الظلم والرشيد
|
ام عمرو – ابىسعيد – كهف الظلم – الرشيد
فـــــــما اتى منه بام او باب
|
فكنـــية وغيره اســـــم او
لقب
|
Lafadz
yang di sandarkan pada lafad اب \ ام maka
disebut alam kun-yah selain itu di sebut alam asma / laqob
فما بمــــــــدح او بذم مشعر
|
فـــــلقب والاســم مالا يشعر
|
Isim yang
menunjukan sanjungan / hinaan di sebut alam laqob sedang alam asma tidak
menunjukan ( makna hinaan / sanjungan )
ثالثـــــــــها اشارة كذا وذى
|
رابـــعها موصول الاسم كالذى
|
Yang ke tiga dari isim ma’rifat
adalah isim isyaroh seperti lafad ذا dan ذى yang ke empatnya isim ma’rifat adalah isim
maushul seperti lafad الذى
خامســـــها معرف بحرف ال
|
كمــــا تقول فى محل المحل
|
Yang ke lima isim ma’rifat adalah
isim yang di ma’rifatkan dengan huruf ال sebagai mana ucapan kamu pada lafad محل menjadi المحل
سادسها ماكان من مضاف
|
لواحد من هذه الاصناف
|
Yang ke
enam isim ma’rifat adalah isim yang di mudhofkan pada salah satu golongan isim
ma’rifad di atas
كقولك ابنى وابن زيد وابن ذى
|
|
وابن الذى ضربته وابن البذى
|
Seperti ucapanmu ابنى-ابن زيد-ابن ذى-ابن الذى-ابن البذى
باب الافعال
افعالــــــهم ثلاثة فى الواقع
|
ماض وفعل الامر والمضارع
|
Fiil menurut mereka ( ulama’
nahwu ) di bagi 3 yaitu fiil madhi , amar , mudlore’
فالماضى مفتوح الاخير ان قطع
|
عن مضمر محرك به
رفع
|
Fiil
madhi di baca fathah huruf akirnya jika terputus dari dhomir mahal rofa’
mutaharik
فان اتى مع ذاالضمير سكنا
|
وضمه مع واوجمع عينا
|
Jika fiil madhi bertemu dengan
dlomir rofa’ mutaharik , maka di baca sukun dan jika bertemu wawu jama’ maka
tentu di baca dhomah
والامر مبنى على السكون
|
|
او حذف حرف علة اونون
|
Fiil
amar hukumnya mabni sukun / membuang huruf illat / nun ( alamat Rofa’ )
وافتتحو مضارعا بواحد
|
|
من الحروف الاربع الزوائد
|
Mereka
meletakkan salah satu huruf ziadah yang berjumlah 4 pada permulaan fiil
mudhori’
همز ونون وكذا ياء وتا
|
|
يجمعها قولى انيت يا فتى
|
Yaitu huruf hamzah , nun , ya’
,dan ta’ yang berkumpul dalam ucapan انيت
وحيث كانت فى رباعى تضم
|
|
وفتحها فيما سواه ملتزم
|
Sekira
fiil mudhori’ itu dari fiil ruba’I maka huruf mudhori’nya didhomah , jika tidak
berbentuk ruba’i maka huruf mudhori’nya wajib di baca fathah
باب اعراب الفعل
رفع المضارع الذى تجردا
|
|
عن ناصــــــب وجازم تأبدا
|
Rofanya
Fiil mudlori’ yang sepi dari amil yang menashobkan dan yang menjazemkan itu
abadi ( selamanya )
فانصب بعشر وهى ان ولن وكى
|
كذا اذن ان صدرت ولام كى
|
Nashobkanlah fiil mudlori’ dengan
10 amil yaitu لام كيى ( bila di buat permulaan kalam) ان - لن -
كى - اذن
ولاجــــحد وكذا حتى واو
|
103
والواو والفافى جواب قد عنوا
|
فاء - واو -
او - حتى - لام جحود (
yang di maksudkan untuk jawab )
به جوابا بعد نفى او طلب
104
|
كلا ترم علما وتترك التعب
|
Sebagai
jawab jatuh setelah nafi / tholab , seperti
contoh
: علماوتترك التعب لاترم
وجزمه بلم ولما قد وجب
|
|
ولا ولام دلتا على الطلب
|
Jazemnya
fiil mudhore’ dengan adanya لام , لا , لما , لم yang
menunjukan makna tholab
كذاك ان وما ومن واذما
|
|
اى متى ايان اين مهما
|
Demikian juga مهما - اين -
ايان - مت
- اى - اذما -
من - ما - ان
وحيثـــــــــــما وكيفما وانى
|
كان يقم زيد وعمرو قــــــمنا
|
انى -
كيفما - حيثما Seperti contoh : ان يقم زيد وعمرو
قمنا
واجزم بان وما بها قد الحقا
|
فعلين لفظا او محــــــلا مطلقا
|
Jazemkanlah
kedua fiil dengan ان dan
lafadz- lafadz yang di samakan denganya baik jazem secara lafadz maupun mahall
secara mutlaq
وليقترن بالفا جواب لو وقع
|
بعد الاداة موضع الشرط امتنع
|
Sertakan
jawab dengan fa’ jika perabotnya terhalang dari tempatnya syarat
باب مرفوعات
الاسماء
مرفوع الاسما سبعة تأتى بها
|
معلومة الاسماء من تبويبها
|
Isim
yang di baca rofa’ ada 7 yang akan aku datangkan dengan keterangan dari tiap
babnya
فالفاعل اسم مطلقا قد ارتفع
|
بفعله والفــــــــعل قبله وقع
|
Isim
fiil di baca rofa’ secara mutlaq oleh fi’ilnya yang terletak sebelum fa’il
وواجب فى الفعل ان يجردا
|
اذا لجمـــع او مثنى اسندا
|
Wajibnya fiil itu disunyikan (
mufrod ) ketika di sandarkan pada fa’il terbentuk jama’ / tasniyah
فقل اتى الزيدان والزيدون
|
كجـــــــاء زيد ويجى اخونا
|
Maka ucapan جاءزيد - يحيىاخونا
\ اتى الزيدان والزيدون
وقسموه ظاهرا ومضمرا
|
|
فالظاهر اللفظ الذى قد ذكرا
|
Para
ahli nahwu membagi fail menjadi 2 yaitu fail isim dhohir dan fail isim dhomir ,
adapun fail isim dhohir adalah lafadz yang sudah disebutkan
والمضمر اثنا عشرنوعا قسما
|
كقمت قمنا قمت قمت قمتما
|
Isim
dhomir ada 12 bagian seperti
قمت - قمنا -
قمت - قمت - قمتما
قمتن قمتم قام قامت قاما
|
|
قاموا وقمن نحو صمتم عاما
|
قاموا وقمن نحو صمتم عام قمتن قمتم قام قامت قاما
وهذه ضــــــــمائر متصلة
|
|
ومثاها الضمائر المنفصلة
|
Ini
adalah isim dlomir muttsil seperti dlomir muttasil yaitu dlomir munfasil
كلم يقــــــــــم الا انا وانتم
|
وغـــــــــير ذين بالقياس يعلم
|
Seperti لم يقم الا
انتم \
لم يقم الاانا dan selain kedua contoh
ini bisa di ketahui kiasnya
باب نائب الفاعل
اقم مقام الفاعل الذى حذف
|
مفــــــــعوله فى كل ماله عرف
|
Tempatkan
maf’ul pada tempatnya fa’il yang dibuang pada setiap alasan yang telah di
ketahui
او مصدرا او ظرفااومجرورا
|
ان لم تجد مفعوله المذكورا
|
Atau
masdar / dhorof / jer majrur apabila maf’ulnya yang sudah di sebut tidak
ditemukan
واول الفعل الذى هنا يضم
|
وكسـرما قبل
الاخير ملتزم
|
Huruf
pertama fi’il di baca dhomah . dan huruf sebelum akhir wajib di kasroh
فى كل ماض وهو فى المضارع
|
منفتـــــــح
كيدعى وكادعى
|
Yaitu
dalam fiil madhi dan dalam fiil mudlori’ huruf sebelum akhir dibaca fathah
contoh : ادعى \ يدعى
واول الفعل الذى كباعا
|
|
منكسر وهو الذى قد شاعا
|
Huruf
pertamanya fi’il semisal باع ( mu’tal ain ) di baca kasroh ini adalah
pendapat yang mashur
وذاك اما مضمر او مظهر
|
ثانيهــــــما كيكرم المبشر
|
Naibul
fa’il ada kalanya berupa isim dlomir adakalnya isim dhohir contoh : yang kedua
( isim dhohir ) seperti يكرم المبشر
اما الضمير فهو نحو قولنا
|
دعيت ادعى مادعى الا انا
|
Adapun isim dlomir adalah seperti
ucapan kita دغيت , ادعى . مادعى الاانا
باب المبتدا
والنكرة
المبتدااســـــــــــم رفعه مؤبد |
عن كل لفــــــظ عامل مجرد
|
Mubtada’
adalah isim yang di baca rofa’ selamanya , dan di sunyikan dari amil lafdhi
والخبر اسم ذواارتفاع اسندا
|
|
مطابقا فى لفــــــــظه للمبتدا
|
Khobar
adalah isim yang di baca rofa’ yang di sandarkan pada mubtada’ dengan
menyesuaikan lafadznya
كقولنا زيد عظــيم الشان
|
وقولنا الزيدان قائــــــــــمان
|
Seperti ucapan kita زيد عظيم الشان –
الزيدان قائمان
ومثله الزيدون قائمـــــــون
|
ومنه ايضـــــــا قائم اخونا
|
Dan seperti قائم اخونا dan lagi الزيدون قائمون
والمبتدااسم ظاهر كما مضى
|
|
او مضمر كانت اهل للقضا
|
Mubtada’
adakalanya berupa isim dhohir seperti contoh yang lalu dan ada yang berupa isim
dlomir seperti انت اهل للقض
ولا يجوز الابتدا بما اتصل
|
من الضمير بل بكل ماانفصل
|
Tidak
boleh membuat mubtada’ dari dhomir muttasil tetapi boleh dari dlomir munfasil
انا ونـــــــحن انت انت انتما
|
انتن انتم وهو وهى هم هما
|
وهن ايضا فالجميع اثنا عشر
|
|
وقد مضى منها مثال معتبر
|
Dan هن semua berjumlah 12 sedang contohnya sudah di
jelaskan pada pembahasan dahulu
ومفردا وغيره يأتى الخبر
134
|
فالاول اللفظ الذى فى النظم مر
|
Khobar
ada yang berbentuk mufrod dan qhoiru mufrod yang pertama ( khobar mufrod )
adalah lafadz yang sudah di sebutkan dalam nadhom yang sudah lalu
وغيره فى اربع محصور
|
لا غير وهى الظرف والمجرور
|
Khobar ghoiru mufrod di ringkas
menjadi 4 tidak lebih yaitu dhorof – jer majrur
وفاعل مع فعله الذى صدر
|
|
والمبتدامع ماله من الخبر
|
Fa’il dengan fiilnya dan mubtada’
dengan khobarnya
كانت عندى والفتى بدارى
|
وابنى قرا وذا ابوه قارى
|
كان واخواتها
ارفع بكان المبتدااسما والخبر
|
بهاانصبن ككان زيد ذا بصر
|
Rafa’kanlah
mubtada’dengan كان sebagai isimnya dan nashobkan khobarnya
dengan-nya seperti contoh كان زيد ذابصر ( Zaid mempunyai penglihatan )
كذاك اضحى ظل بات امسى
|
وهكذا اصــــــــــبح صار ليسا
|
Sebagaimana
كان adalah : اضحى ظل بات امسى selanjutnya
اصبح صار ليسا
فتئى وانفك وزال مع برح
|
اربعها من بعد نفى تتضح
|
فتئى وانفك وزال مع
برح lafadz empat ini dijelaskan
setelah nafi
كذاك دام بــــــعدما الظرفيه
|
وهى التى تكون مصدريه
|
Sebagaimana
كان juga lafadz دام yang jatuh setelah ما الظرفية yaitu ما yang menjadi ta’wilnya masdar
وكل ماصرفته مما سبق |
|
من مصدر وغيره به التحق
|
Dan
semua lafadz yang kamu tashrif dari lafadz yang sudah disebutkan baik dari
masdar atau selainya itu samakan ( dikategorikan hukumnya )
ككن صديقا لاتكن مجافيا
|
|
وانظر لكونى مصبحا موافيا
|
Seperti contoh nadhom diatas
|
ان واخواتها
تنصب ان المبتدااسما والخبر
|
ترفــــــــعه كان زيدا ذونظر
|
ان menashobkan mubtada’ sebagai isimnya dan
merofsa’kan khobar ( nya mubtada’ ) contoh ان زيدا ذونظر : sesungguhnya zaid mempunyai penglihatan
ومثل ان ان ليت فى العمل
|
وهكذا كان لكن لـــــــعل
|
Seperti
halnya ان dalam
pengalamanya adalah ان,
ليت dan
juga كان لكن لعل
واكدواالمـــــــــعنى بان انا
|
وليت من الفاظ من تمنى
|
Dan
mereka ( ahli nahwu ) mengukuhkan makna dengan lafadz ان,ان dan afadz ليت termasuk lafadznya orang yang mengharap (
sesuatu yang muhal )
كان للتشبيه فى المحاكى
|
واستــــعملوالكن فىاستدراك
|
Lafadz كان untuk
penyerupaan didalam pembicaraan dan mereka ( ahli nahmu ) menggunakan lafadz لكن untuk faedah istidrok ( penyisipan )
ولــــــــــــترج وتوقع لعل |
|
كقولهم لعل محبوبى وصل
|
Dan
lafadz la’alla untuk faedah tarajji atau tawaqu’ seperti perkataan orang
arab ( mudah –
mudahan kekasihku datang )
|
ظن واخواتها
انصب بظن المبتدامع الخبر
|
وكل فــــعل بعدها على الاثر
|
Nashobkanlah
mubtada’ & Khobar dengan ظن dan
dengan semua fi’il setelah ظن yang
mengikuti
كخلته حســــــبته زعمته
|
|
رايته وجـــــــــــدته علمته
|
Seperti خلته حسبته زعمته رايته وجدته علمته
جــــــــعلته اتخذته وكل ما
|
من هذه صــــــــرته فليعلما
|


كقولهم ظننت زيدا منجدا
|
|
واجعل لنا هذا المكان مسجدا
|
seperti
ucapan orang arab “ظننت زيدا منجدا “( aku
telah menduga zaid telang menolong ) - واجعل لنا هذا
المكان مسجدا ( jadikan untukku tempat ini sebagai masjid )
باب النعت
النعت اما رافع لمضمر
|
|
يعود للمنعوت او لمظهر
|
Na’at
itu adakalanya merafa’kan pada isim dlamir ( yang disembunyikan yaitu na’at
haqiqi ) yang kembali pada man’utnya atau merafa’kan isim dhahir
فاول القسمين منه اتبع
|
|
منعوته من عشرة لاربع
|
Yang
pertama dari dua bagian itu, ikutkanlah man’utnya terhadap empat hal dari
sepuluh perkara
فى واحد من اوجه الاعراب
|
|
من رفع او خفض او انتصاب
|
Pada
salah satu dari segi I’robnya yaitu rafa’ atau jer atau nashob
كذا من الافراد والتذكير
|
|
والضد والتعريف والتنكير
|
Demikian halnya dari segi mufrod
( satuanya ) dan mudzakarnya, dan lawan dari keduanya serta dari segi ma’rifat
dan nakirohnya
كقولنا جاء الغلام الفاضل
|
|
وجاء معه نسوة حوامل
|
Seperti
ucapan kita “جاء الغلام الفاضل” ( telah
datang anak muda yang utama ) وجاء معه نسوة
حوامل ( dan datang bersamanya
para wanita hamil )
وثانى القسمين منه افرد
|
وان جرى المنعوت غير مفرد
|
Yang
nomor dua dari dua bagian itu ( na’at sababi )’mufradkan na’at walaupun
man’utnya berlaku tidak mufrad
واجعله فى التأنيث والتذكير
|
مطابــــــــــــقا للمظهر المذكور
|
Jadikanlah
( na’at sababi )muanats dan mudzakarnya sesuai isim dhohirnya yang telah
disebut
مثـــــــاله قد جاء حرتان
|
منــــــــــــطلق زوجهما العبدان
|
Contohnya
na’at ( sababi ) منطلق
زوجهما العبدان قد جاء حرتان ( sungguh telah datang dua wanita merdeka yang kedua suaminya
sebagai hamba telah pergi )
ومثله اتى غلام سائلة
|
|
زوجته عن دينها المحتاج له
|
Dan semisalnya contoh :
باب العطف
واتبعواالمعطوف بالمعطوف
|
|
عليه فى اعرابه المعروف
|
Ikutkanlah
oleh kalian, ma’tuf dengan ma’tuf alaihnya dalam hal I’rob yang telah diketahui
وتستوى الاسماء والافعال فى
|
لتباع كل مثـــله ان يعطف
|
Sama
antara kalimah isim dan fi’il dalam hal itba’ apabila di athofkan pada
sejenisnya
بالواو والفا او وام وثما
|
|
حتى وبل ولا ولكن امــــــــــا
|
Dengan
huruf wawu, fa’, au, am, tsumma, hatta, bal, la, lakin, imma
كجاء زيد ثم عمرو اكرم
|
|
زيدا وعمرا باللقا والمطعم
|
Seperti
contoh : جاء زيد ثم عمرو (zaid
telah datang kemudian umar )
اكرم زيدا وعمرا بالقا والمطعم (muliakanlah zaid dan umar dengan pertemuan
dan hidangan )
وفئة لم يأكل او يـــــــحضر
|
حتى يفوت او يزول المنكر
|
باب التوكيد
وجائز فى الاسم ان يؤكدا
|
فيتبع المؤكد المؤكدا
|
Kalimah isim boleh dikukuhkan dan
lafadz yang mengukuhkan mengikuti lafadz yang dikukuhkan
فى اوجه الاعراب والتعريف لا
|
|
منــــــــــكر فعن مؤكد خلا
|
Dalam
semua segi I’rob dan ma’rifatnya, tidak dinakirahkan karena ia terbebas dari
lafadz yang mengukuhkan
ولفظه المشهور فيه اربع
|
|
نفــــــس وعين ثم كل اجمع
|
Lafadz
taukid yang terkenal ada empat yaitu nafsun, ainun, kullun, ajmaun
وغـــــــيرها توابع لاجمعا
|
|
من اكتــــــع وابتع وابصعا
|
Selainnya
mengikuti lafadz ajma’un yaitu lafadz akta’a, abta’a, absho’a
كجاؤ زيد نفسه وقل ارى
|
جيـــــــش الامير كله تأخرا
|
جاء زيد نفسه )zaid
datang sendiri ) ارى جيش الامير كله تأخر )saya
melihat pasukan raja semuanya mundur )
وطفت حول القوم اجمعينا
|
متبوعة بنـــــــــحو اكتعينا
|
وطفت حول القوم اجمعينا ( aku keliling mengitari
kaum semuanya ) dengan diikuti lafadz اكتعين
وان تؤكد كلمة اعد تها
|
|
بلفظها كقولك انتهى انتهى
|
apabila
kamu membuat taukid dari kalimah maka ulangilah lafadz itu seperti ucapanmu : انتهى انتهى
باب البدل
اذااسم اوفعل لمثله تلا
|
والحكم للثانى وعن عطف خلا
|
Apabila isim atau fi’il
mengikuti lafadz yang semisalnya dan hukum untuk lafadz yang kedua dan
disepikan dari huruf athof
فاجعله فى اعرابه كالاول
|
ملقـــــــــــــبا له بلفظ البدل
|
Maka
jadikanlah I’rabnya seperti ( mengikuti ) lafadz yang pertama dengan lafadz
badal sebagai julukanya
كل وبعض واشتمال وغلط
|
كذاك اضراب فبالخمس انضبط
|
Yaitu
badal kullun ( semua ) ba’dlun ( sebagian ) isytimal ( tercakup ) gholath (
keliru ) demikian badal idrob, maka badal terbagi lima
كجاءنى زيد اخوك واكل
|
|
عندى رغيفا نصفه وقد وصل
|
Seperti جاءنى زيد اخوك ( telah
datang zaid kepadaku yakni saudaramu ) اكل عندى رغيفا
نصفه ( auku makan roti yang
ada didekatku yakni separuhnya )
الى زيد علمه الذى درس
|
|
وقد ركبت اليوم بكر الفرس
|
وقد وصل الى زيد علمه ( telah sampai zaid kepadaku yakni ilmunya ) قد ركبت اليوم بكرا
الفرس ( sungguh hari ini aku
naik Bakar yakni kuda )
ان قلت بكرا دون قصد فغلط
|
او قلته قصدا فاضراب فقط
|
Apabila
kamu mengatakan Bakar tanpa sengaja maka dinamakan badal gholad atau kamu
mengatakan Bakar dengan sengaja maka badal idlrob
والفعل من فعل كمن يؤمن يثب
|
يدخل جنانا لم ينل فيها تعب
|
dan (
membuat ) badal fi’il dari mubdal minhu
fi’il seperti من يؤمن يثب يدخل
جنانا لم ينل فيها تعب ( barang siapa beriman
maka diberi pahala yakni dimasukkan surga tidak ada kesulitan didalamnya
باب منصوبات الاسماء
ثلاثة من سائر الاسماء خلت
|
منصوبة وهذه عشر تلت
|
Tiga
dari isim isim yang sudah disebutkan diatas ( yakni khabar kana – isimnya inna
– maf’ul dhonna ) itu dinashobkan dan berikut ini yang sepuluh lagi
وكلها تأتى على ترتيبه
|
|
اولها فى الذكر مفعول به
|
Dan
semuanya akan disebutkan secara urut yang pertama disebutkan adalah maful bih
وذالك اسم جاء منصوبا وقع
|
|
عليه فعل كاحذروااهل الطمع
|
Maf’ul
bih itu adalah isim yang dibaca nashob yang menjadi sasaran perbuatan, seperti احذروا اهل الطمع ( takutlah pada ahli tamak )
فى ظاهر ومضمر قد انحصر
|
|
وقد مضى التمثيل للذى ظهر
|
Maf’ul
bih terbagi menjadi maf’ul bih isim dhohir dan maf’ul bih isim dhomir, dan
contoh maf’ul bih isim dhohir sudah lalu
وغيره قسمان ايضا متصل
|
|
كجاءنى وجاءنا ومنفصل
|
Selain
maf’ul bih isim dhohir ( yakni maf’ul bih isim dlomir ) ada dua bagian lagi
yaitu maf’ul bih isim dlomir muttasil seperti جأنى , جأنا dan maf’ul bih dlomir munfasil
مثــــــــــاله اياى او ايانا
|
|
حيــــــيت اكرم بالذى حيانا
|
Contohnya
وقس بذين كل مضمر فصل
|
|
وباللذين قــــــــبل كل متصل
|
Kiaskan
dengan dua contoh ini pada maf’ul bih dlomir munfasil dan dengan dua contoh
sebelumnya pada maf’ul bih dlomir muttasil
فكل قسم منهما قد انحصر
|
ماجاء من انواعه فى اثنى عشر
|
maka tiap – tiap dua bagian
terbagi menjadi 12 macam
باب المصدر
وان ترد تصريف نحو قاما
|
|
فقل يــــقوم ثم قل قياما
|
فما يجىء ثالثا فالمصدر
|
|
ونصـــــــبه بفعله مقدر
|
Apabila
kamu hendak men-Nashrif misalnya lafadz Qaama maka ucapkan yaquumu ( fi’il
mudlari’ ) kemudian ucapkan qiyaman ( masdarnya ), maka lafadz yang nomor urut
tiga dinamakan masdar, sedangkan masdar dinashobkan oleh fi’ilnya yang dikira -
kirakan
فان يوافق فعله الذى جرى
|
|
فى اللفظ والمعنى فلفظيا يرى
|
Apabila
masdar sesuai dengan fi’ilnya didalam lafadz dan maknanya maka dinamakan masdar
lafdzi
او وافق المعنى فقط وقد روى
|
بغير لفظ الفعل فهو معنوى
|
Atau sesuai
maknanya saja yakni tidak sesuai dengan lafadz fi’ilnya maka dinamakan masdar
maknawi
فقم قياما من قبيل الاول
|
|
وقم وقوفا من قبيل مايلى
|
maka
ucapkan فقم قياما dari golongan pertama ( yakni masdar lafdzi
)dan وقم وقوفا dari golongan yang mendekati ( kedua yakni
masdar maknawi )
باب الظرف
هو اسم وقت او مكان انتصب
|
كل على تقدير فى عبد العرب
|
Dhorof
adalah nama bagi sebuah waktu atau tempat yang dibaca nashob yang semua dengan
mengira ngirakan maknanya “ fi “menurut orang arab
اذااتى ظرف المكان مبهما
|
ومطلقا فى غيره فليعلما
|
Apabila
menunjukan tempat yang disamarkan itu disebut dhorof makan dan dan selain (
baik yang mubham atau muhtash ) tu secara mutlaq bisa di terkib dhodof
والنصب بالفعل الذى به جرى
|
كسرت ميلا واعتكفت
اشهرا
|
Dhorof
dinashobkan oleh fiil yang maknanya berlaku pada dhorof tersebut seperti lafadz
: سرت ميلا saya
berjalan 1 mil – dan lafadz اعتكفت اشهرا saya I’tikaf dalam satu bulan
او ليلة او يوما او سنينا
|
|
او مدة او جمعة اوحينا
|
Atau ( saya I;tikaf ) di malam
hari atau ( saya I’tikaf ) disiang hari atau ( saya I’yikaf ) pada beberapa
tahun atau sebagian masa atau satu jum’ah ( seminggu ) atau suatu masa
او قم صباحا اومساء او سحر
|
او غدوة اوبكرة الى السفر
|
Atau :
berdirilah diwaktu pagi atau disore hari atau diwaktu sahur atau dipagi hari
atau dipagi pagi benar sampai waktu bepergian
او ليلة الاثنين او يوم الاحد
|
|
اوصم غدا او سرمدا او الابد
|
Atau
malam Senin atau hari Ahad atau puasalah pada
hari esok atau selamanya
واسم المكان نحو سر امامة
|
او خــــــــــلفه وراءه قدامه
|
Isim
dhorof makan contohnya : berjalanlah didepanya atau dibelakangnya atau
didepanya
يمينه شـــــــــــماله تلقاءه
|
|
او فــــــــوقه او تحته ازاءه
|
Disisi
kananya atau disisi kirinya dihadapanya atau diatasnya atau di bawahnya atau
dihadapanya
او معه او حذاءه او عنده
|
|
او دونه او قبله او بعده
|
Atau
bersama dia atau disisinya atau didekatnya atau arah bawahnya atau sebelumnya
atau sesudahnya
هناك ثم فرســــــــخا بريدا
|
|
وههنا قف موقف سعيدا
|
(
berjalanlah ) هناك :
di sana
ثم : di
sana ( jarak ) satu pos ( kira – kira
12.000 langkah ) satu barid ( = 4 pos ) dan di tempat ini diamlah pada tempat
tinggal sebagai orang yang beruntung
باب الحال
الحال وصف ذو انتصاب اتى
|
مفســـــرا لمبهم الهيات
|
Hal
adalah isim sifat yang dibaca nashob yang menjelaskan keadaan ( shohibul hal )
yang belum jelas
وانما يؤتى به منـــــــــكرا
|
|
وغالبا يؤتى به مؤخرا
|
Dan hal
itu didatangkan berupa lafadz yang dinakirohkan dan umumnya hal didatangkan di
akhirkan
كجاء زيد راكبا ملفوفا
|
|
وقد ضربت عبده مكتوفا
|
Seperti
contoh : جاء زيد راكبا ملفوفا (
zaid datang dengan berkendara dan berselimut ) dan contoh ( sungguh aku memukul
hamba sahayanya zaid yang terikat )
وقد يجىء فى الكلام اولا
|
|
وقد يجىء جامدا مؤولا
|
Hal
terkadang berada di awal kalam dan terkadang berupa isim jamid yang dita’wil (
dengan isim mustaq nya )
وصاحب الحال الذى تقررا
|
معرف وقد يجىء منكرا
|
Dan
shohibul hal itu ditetapkan dari isim ma’rifat dan terkadang juga berupa isim
nakiroh
باب التمييز
تعريفه اسم ذوانتصاب فسرا
|
|
لنسبة او ذات جنس قدرا
|
Definisi
tamyiz adalah isim yang dibaca nashob yang menjelaskan nisbat atau dzat suatu
jinis yang masih samar
كانصب زيد عرقا وقد علا
|
|
قدرا ولكن انت اعلى منزلا
|
Contoh =
Zaid bercucuran keringatnya – Zaid tinggi derajadnya – tetapi lebih tinggi kamu
derajatnya
وكااشتريت اربعا نعاجا
|
|
او اشتريت الف رطل ساجا
|
Saya
membeli 4 ekor kambing – saya membeli seribu kati kayu jati
او بعـــــــــــته مكيلة ارزا
|
|
او قدرباع او ذراع خزا
|
Atau =
saya menjual padanya satu takar beras – atau kira kira satu depa atau satu
hasta sutera
وواجب التمييز ان ينكرا
|
|
وان يكون مطلقا مؤخرا
|
Tamyiz
wajib di nakirohkan dan mutlak di akhirkan
باب الاستـــثــناء
اخرج به من الكلام ماخرج
|
من حكمه وكان فى اللفظ اندرج
|
Keluarkanlah
( kecualikan ) dengan huruf istisna’ dari kalam yang dikecualikan dari hukumnya
dan itu termasuk pada lafadznya
ولفظ الاستثناالذى له حوى
|
الا وغير وسوى سوى سوا
|
Yang tergolong huruf istisna’ adalah الا وغير وسوى سوى سوا
خلا عدا حاشا فمع الا انصب
|
مااخرجت من ذى تمام موجب
|
خلا عدا حاشا maka
mustasna ( lafadz yang dikecualikan ) dengan perabot الا apabila dari kalam tam dan mujab maka wajib
dibaca nasob
كقام كل القوم الا واحدا
|
|
وقد رايت القوم الا خالدا
|
Contoh :
قام كل القوم الا واحدا ( semua kaum berdiri kecuali satu orang ) - وقد رايت القوم الا خالدا ( saya telah melihat semua kaum kecuali zaid )
وان يكن من ذى تمام انتفى
|
فابدلن والنصب فيه ضعفا
|
Apabila mustasna ( dengan الا ) di dalam kalam yang tam dan manfi maka
jadikanlah badal dari mustasna minhu atau dibaca nashob ( tarkib istisnaiyah )
tetapi hukumnya lemah
هذااذااستثنيته من جنسه
|
|
وما سواه حكمه بعكسه
|
Perincian
tersebut apabila antara mustasna dan mustasna minhu itu sejenis ( Muttasil )
sedang selainya ( munqoti’ ) hukumnya sebaliknya
كلن يقوم القوم الا جعفر
|
|
والنصب فى الا بعيرا اكثر
|
Contoh :
لن يقوم القوم الا جعفر ( semua kaum tidak berdiri kecuali Ja’far ) sedang membaca nashob
didalam lafadz الا بعيرا (
istisna’ Munqoti’ ) itu hukumnya lebih banyak
وان يكن من ناقص فالا
|
|
قد الغيت والعامل استقلا
|
Apabila
mustasna dengan الا di dalam kalam yang naqis maka الا hukumnya di
ilgho’kan ( tidak beramal menashobkan ) dan amilnya sendiri yang langsung
beramal
كلم يقم الا ابــــــوك اولا
|
|
ولا ارى الا اخـــــاك مقبلا
|
Contoh :
لم يقم الا ابوك اولا tidak berdiri kecuali ayahmu - ولا ارى الا اخاك مقبلا tidak aku lihat kecuali saudaramu
وخفض مستثنى على الاطلاق
|
يجوز بعد السبعة البواقى
|
Mustasna
yang jatuh setelah salah satu perabot istisna’ yang tujuh berikut ini secara
mutlak boleh dibaca jer ( menjadi mudhof ilaih )
والنصب ايضا جائز لمن يشا
|
|
بما خلا وما عدا وما حشا
|
Dan bagi orang yang ingin membaca
nashob juga boleh apabila jatuh setelah perabot ما خلا وما عدا وما
حشا
باب لا العاملة عمل
ان
وحكم لا كحكم ان فى العمل
|
|
فانصب بها منكرا بهااتصل
|
Hukumnya
لا itu seperti hukumnya ان didalam pengamalanya, maka nashobkanlah
dengan memakai لا pada
isim nakiroh yang bertemu langsung dengan لا
مضافا اومشابه المضاف
|
|
كلا غــــــــلام حاضر مكافى
|
Baik berupa mudhof atau serupa
mudhof, contoh : لا غلام حاضر مكافى ( tidak ada lelaki muda yang hadir yang
sederajat
لكن اذا تكررت اجريتها
|
|
كذاك فى الاعمال او الغيتها
|
Tetapi
jika لا di ulang ulang yang
isimnya berupa mudhof atau sibeh mudhof maka hukum لا ada dua
wajah yaitu beramal atau tidak beramal ( ilgho’ )
وعند افراداسمها الزم البنا
|
مركـــــــــبا اورفعه منونا
|
Dan
ketika isimnya لا berupa isim mufrod ( bukan mudhof atau
serupa mudhof ) maka dimabnikan seperti halnya terkeb ( خمسة عشر ) atau
dibaca rofa’ dengan tanwin
كلا اخ ولا اب فانصب ابا
|
|
ايضا وان ترفع اخا لاتنصبا
|
Seperti
lafadz : لا اخ ولا اب maka
juga bisa nashobkan lafadz ابا (
yang kedua ) dan apabila lafadz اخا kamu rofa’kan maka jangan menashobkan lafadz
ابا
وحيث عرفت اسمها او فصلا
|
فارفع ونون والتزم تكرارلا
|
Dan
sekira kamu mema’rifatkan isimnya لا atau
dipisah ( antara لا dengan isimnya ) maka rofa’kanlah isimnya dan
ditanwin serta لا wajib diulang
كلا على حاضر ولا عمرو
|
ولالنا عــــــــــبد ولامايدخر
|
Seperti لا على حاضر ولا
عمرو (
tidaklah Ali datang dan tidak pula umar itu datang ) - ولالنا عبد
ولامايدخر ( kita tidak punya budak
dan juga tidak punya sesuatu yang disimpan )
باب النداء
خمس تنادى وهى مغرد علم
|
ومفرد منكر قصدا يؤم
|
Isim
munada ada lima
yaitu : mufrod ‘alam – mufrod nakiroh maqsudah
ومفرد منــــــــــــكر سواه
|
|
كذاالمضاف والذى ضهاه
|
Mufrod
nakiroh ghoiru maqsudah – munada mudhof dan munada serupa mudhof
فالاولان فيهما البنا لزم
|
على الذى فى رفع كل قد علم
|
Dua munada yang awal ( mufrod alam dan nakiroh maqsudah )wajib
dimabnikan sesuai tanda rofa’nya yang sudah diketahui
من غير تنوين على الاطلاق
|
|
والنصب فى الثلاثة البواقى
|
Yaitu
tidak ditanwin secara mutlaq adapun 3 munada yang lain di baca nashob
كيا على ياغلامى بى انطلق
|
|
ياغافلا عن ذكر ربه افق
|
Contoh :
يا على ياغلامى بى انطلق ( Munada mufrod alam : Hai Ali ) ياغلامى بى انطلق ( Munada
nakiroh maqsudah : Hai Pemuda pergilah denganku ) -
ياغافلا عن ذكر ربه افق (Munada nakiroh ghoiru maqsudah : Hai orang
yang lupa tuhan-nya ! inagtlah )
ياكاشف البــلوى ويااهل الثنا
|
|
ويالطيفا بالعباد الطف بنا
|
ياكاشف البلوى ويااهل الثنا ( Munada
Mudhof : Hai dzat yang menghilangkan musibah ) – Hai ahli terpuji - ويالطيفا بالعباد
الطف بنا ( Munada serupa mudhof :hai dzat yang mengasihi para hamba-Nya,
kasihanilah kami )
باب المفعول لاجله
والمصدر انصب ان اتى بيانا
|
|
لعلة الفعل الذى قد كانا
|
Nashobkanlah
masdar yang didatangkan untuk menjelaskan sebab suatu pekerjaan yang dilakukan
( adalah definisi maf’ul liajlih )
وشرطه اتخاده مع عامله
|
|
فيما له من وقته وفاعله
|
Syaratnya
maf’ul li ajlih adalah : antara masdar dan amilnya sama didalam waktunya dan
sama didalam failnya
كقم لزيد اتـــــــــقاء شره
|
|
واقصد عليا ابتغاء بره
|
Contoh :
قم لزيد اتقاء شره ( berdirilah ( untuk hormat ) kepada Zaid
karena menjaga keburukanya -
واقصد عليا ابتغاء بره ( menujulah kepada ali untuk mencari
kebaikanyas
باب المفعول معه
تعريفه اسم بعد واو فسرا
|
|
من كان معه فعل غيره جرى
|
Definisi
maf’ul ma’ah adalah : kalimah isim ( yang dibaca nashob ) yang terletak setelah
wawu ( maiyah ) yang menjelaskan orang atau sesuatu yang pekerjaan orang lain
itu bersamaan denga orang atau sesuatu tersebut
فانصبه بالفعل الذى به اصطحب
|
|
او شبه فعل كاستوى الماوالخشب
|
Nashobkanlah
maf’ul ma’ah denagn fi’il yang menyertainya atau dengan lafadz yang menyerupai
fi’il contoh : استوى الماوالخشب ( air itu
naik bersamaan kayu pengukurnya )
وكالامير قادم والعسكرا
|
|
ونحو سرت والامير للقرى
|
Contoh :
الامير قادم والعسكرا ( Raja itu datang bersamaan
tentaranya ) –
سرت والامير للقرى ( Saya
berjalan bersamaan raja ke desa desa )
باب محفوضات
الاسماء
خافضها ثلاثة انواع
|
|
الحرف والمضاف والاتباع
|
Yang
mengejerkan kalimah isim ada 3 yaitu :
huruf jer – Mudhof – tabi’ lil majrur
اما الحروف ههنا فمن الى
|
باء وكاف فى ولام عن على
|
Adapun
huruf jer di bab ini adalah : من- الى - باء -
وكاف - فى - ولام
- عن على
كذاك واو باوتاء فى الحلف
|
|
مذ منذ رب واو رب المنحذف
|
Demikian
juga Wawu – Ba’ – Ta’ ( untuk sumpah ) مذ منذ dan واو رب yang
dibuang
كسرت من مصر الى العراق
|
وجئت للمحبوب باشتياق
|
Contoh :
سرت من مصر الى العراق (
saya berjalan mulai negeri Mesir sampai negeri Iraq ) جئت للمحبوب
باشتياق ( aku datang kepada kekasih dengan / sebab hati yang sangat
gembira )
باب الاضافة
من المضاف اسقط التنوين
|
اونونه كاهــــــــلكم
اهلونا
|
Buanglah
tanwin atau nun-nya mudhof seperti contoh اهلكم - اهلونا
واخفض به الاسم الذى له تلا
|
كقاتـــــلاغلام
زيد قتلا
|
Jerkanlah
dengan mudhof pada isim yang terletak setelahnya ( Mudhof ilaih ) contoh : قاتلاغلام زيد قتلا ( dua
orang yang membunuh anaknya Zaid telah dibunuh )
وهو على تقدير فى او لام
|
او من كمكر الليل او غلام
|
Terkib
idhofah itu mengira ngirakan makna-nya فى – لام atau من contoh :
مكر الليل او غلام ( tipu daya ( di dalam ) waktu malam – atau غلام زيد (
Pembantu ( milik ) zaid )
اوعبد زيد او انازجاج
|
|
اوثوب خزاوكباب ساج
|
Atau
Hamba Sahaya ( Milik ) zaid – Tempat ( dari ) kaca – baju ( dari ) sutra –
Pintu ( dari ) kayu Jati
وقد مضت احكام كل تابع
|
مبسوطة فى الاربع التوابع
|
Hukum
Tabi’ Lil Matbu’ sudah lewat dijelaskan panhjang lebar di dalam empat isim yang
mengikuti
فيا الهى الطف بنا فنتبع
|
|
سبل الرشاد والهدى فنرتفع
|
Ya Allah
ya tuhanku, curahkanlah kasih sayang kepada kami sehingga kami dapat mengikuti
petunjuk jalan kebenaran yang bisa
meninggikan derajat kami
وفى جمادى سادس السبعينا
|
|
بعد انتها تسع من المئينا
|
Pada
bulan jumadi tsani yaitu bulan ke enam hijriyah tahun 970 H
قد تم نظم هذه المقدمة
|
|
فى ربع الف كافيا من احكمه
|
Sudah
sempurnalah nadhom muqoddimah ini yang memuat seperempat ribu ( 250 ) yang
sudah mencukupi bagi orang orang yang mempelajarinya dengan kokoh
نظم الفقير الشرف العمريطى
|
ذى العجز والتقصير والتفريط
|
Nadhomnya
Al Faqir Syaih Syarafuddin Yahya Al Imrithi, Hamba Allah yang lemah – sembrono
– dan melewati batas
والحمد لله مدى الدوام
|
|
على الجزيل الفضل والانعام
|
Segala
puji selamanya bagi Allah atas anugrah dan nikmat-Nya yang agung
وافضل الصلاة والتسليم
|
|
على النبى المصطفى الكريم
|
Dan
lebih utama sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan pada nabi terpilih
dan yang mulia
محمد وصحبه والال
|
|
اهل التقى والعلم والكمال
|
Yaitu
Nabi Muhammad dan para sahabat dan keluarganya, mereka itu orang orang yang
bertaqwa, berilmu dan memiliki kesempurnaan
بسم الله الرحمن الرحيم
الحــــــــمد لله الذى قد وفقا
|
|
للـعلم
خــــــــــير خلقه وللتقى
|
|
حتى نـحت قلوبـــهم لنحوه
|
|
فمن
عظيـــــــــم شأنه لم تحوه
|
Segala puji bagi ِAllah yang
telah menolong hamba – hamba terbaiknya dengan ilmu dan taqwa
Sehinga hati mereka menuju kepada-Nya ,
karena keagungan Dzat – Nya namun mereka tidak mampu mencakup - Nya
Sholawat
salam tercurah pada baginda yang mulia Nabi Muhammad SAW, yang mengentaskan
ummat dari zaman onta ke zaman honda sekarang ini, semoga kita mendapat syafaat
beliau Amien.
Al
Hamdulillah, Nadhom Imrithi susunan syeh Syarafuddin Yahya yang kami terjemah
sudah selesai walau masih banyak kekurangan, mudah mudahan terjemah ini banyak
manfaat bagi ummat khususnya bagi kami sekeluarga dan guru – guru kami sebagai saham di akhirat
kelak, dan ku do’akan bagi yang memanfaatkan terjemahan ini semoga ilmunya
manfa’at barokah fiddin waddun-ya wal akhiroh amien
Al faqier
Ila Rahmatillah
BUKU – BUKU TERBITAN CENTER AL KAFI
1.
Istighostah
2.
Rotib
3.
Manaqib-Tahlil-Yasin
4.
Kurikulum TKQ ( Satu Paket Komplit )
5.
Kurikulum TPQ ( Tajwid-Ahlaq-Pegon-Ghorib ) Satu Paket
6.
Kurikulum TPQ ( Fiqih-Tauhid-B.Arab )
7.
Panduan TPQ ( Do’a-Surat Pendek-Yasin)
8.
Pelajaran Gharib
9.
Nadham Asmaul Husna
10.
Panduan Mc TPQ
11.
Nadham Duratul Yatimah
12.
Tanya Jawab Durroh
13.
Terjemah Durrah
14.
Setetes embun Andalusi
15.
Terjemah Fiqih Wadhih I
16.
Terjemah Fiqih Wadhih II
17.
Terjemah Fiqih Wadhih III
18.
400 Tanya Jawab Imrithi
19.
Terjemah nadhom imrithi
20.
kamus Mutiara Cinta
21.
Kamus Mutiara Bisnis
22.
Kamus Mutiara Siswa
23.
Rumus Cepat Komputer
24.
2000 Kamus Mutiara Hikmah
25.
Istighosah Badriyah
Bisa Anda dapatkan
Di :
Koprasi Putra PP
Raudlatut Thalabah Setail ( 846382 )
Koprasi Al Centa
PP Darul Munajdah Tamansari ( 085236760236 -087852704543)
Terjemah Nadhom ‘Imrithi
Oleh
·
Ali muskhafi
Pengetik Naskah
·
Adinda Fitria
Penerbit
·
Al-kafi ( Jl. Patok kerep Tamansari – Tegalsari )
·
Call : 085236760236
Cetakan
·
Pertama Bulan Februari 2009
Hak
Cipta dilindungi
Dilarang
memperbanyak tanpa seizin penulis
@ Khotam
Terjemah hari Rabu pagi 8 Shofar 1430 H / tgl 4 – 2 - 2009






































































بسم الله الرحمن الرحيم
الحــــــــمد لله الذى قد وفقا
|
|
للـعلم
خــــــــــير خلقه وللتقى
|
||
حتى نـحت قلوبـــهم لنحوه
|
|
فمن عظيـــــــــم شأنه لم تحوه
|
||
Segala puji bagi ِAllah yang telah menolong hamba – hamba terbaiknya dengan ilmu dan
taqwa
Sehinga
hati mereka menuju kepada-Nya , karena keagungan Dzat – Nya namun mereka tidak
mampu mencakup - Nya
Sholawat salam tercurah
pada baginda yang mulia Nabi Muhammad SAW, yang mengentaskan ummat dari zaman
onta ke zaman honda sekarang ini, semoga kita mendapat syafaat beliau Amien.
Al Hamdulillah, Nadhom
Imrithi susunan syeh Syarafuddin Yahya yang kami terjemah sudah selesai walau
masih banyak kekurangan, mudah mudahan terjemah ini banyak manfaat bagi ummat
khususnya bagi kami sekeluarga dan guru
– guru kami sebagai saham di akhirat kelak, dan ku do’akan bagi yang
memanfaatkan terjemahan ini semoga ilmunya manfa’at barokah fiddin waddun-ya
wal akhiroh amien
Al
faqier
Ila
Rahmatillah
BUKU – BUKU TERBITAN CENTER AL KAFI
26.
Istighostah
27.
Rotib
28.
Manaqib-Tahlil-Yasin
29.
Kurikulum TKQ ( Satu Paket Komplit )
30.
Kurikulum TPQ ( Tajwid-Ahlaq-Pegon-Ghorib ) Satu Paket
31.
Kurikulum TPQ ( Fiqih-Tauhid-B.Arab )
32.
Panduan TPQ ( Do’a-Surat Pendek-Yasin)
33.
Pelajaran Gharib
34.
Nadham Asmaul Husna
35.
Panduan Mc TPQ
36.
Nadham Duratul Yatimah
37.
Tanya Jawab Durroh
38.
Terjemah Durrah
39.
Setetes embun Andalusi
40.
Terjemah Fiqih Wadhih I
41.
Terjemah Fiqih Wadhih II
42.
Terjemah Fiqih Wadhih III
43.
400 Tanya Jawab Imrithi
44.
Terjemah nadhom imrithi
45.
kamus Mutiara Cinta
46.
Kamus Mutiara Bisnis
47.
Kamus Mutiara Siswa
48.
Rumus Cepat Komputer
49.
2000 Kamus Mutiara Hikmah
50.
Istighosah Badriyah
Bisa Anda dapatkan
Di :
Koprasi Putra PP
Raudlatut Thalabah Setail ( 846382 )
Koprasi Al Centa
PP Darul Munajdah Tamansari ( 085236760236 -087852704543)
Terjemah Nadhom ‘Imrithi
Oleh
·
Ali muskhafi
Pengetik Naskah
·
Adinda Fitria
Penerbit
·
Al-kafi ( Jl. Patok kerep Tamansari – Tegalsari )
·
Call : 085236760236
Cetakan
·
Pertama Bulan Februari 2009
Hak
Cipta dilindungi
Dilarang
memperbanyak tanpa seizin penulis
Terima kasih atas share nya. Jangan lupa kunjungi juga www.yasuapos.com yah!
BalasHapussyukron ilmunya.
BalasHapus